Peneliti Tengah Rancang Cara untuk Komunikasi dengan Lumba-lumba

"Periset bahkan pernah menemukan bahwa lumba-lumba juga seperti manusia, bernyanyi untuk bayi mereka yang belum lahir. "
Lumba-lumba. (Getty Images/Mail Online)

KLIKPOSITIF - Lumba-lumba memang telah dikenal sebagai makhluk yang sangat cerdas dan bahkan mereka mampu membangun 'kalimat' dari pola klik dan getaran untuk berkomunikasi satu sama lain.

Dan, dengan menggunakan kecerdasan buatan, peneliti sekarang berharap bisa memikirkan apa yang mereka bicarakan. Periset di Swedia akan mulai membuat kamus bahasa lumba-lumba menggunakan teknologi dari start up analisis bahasa Gavagai AB - dan suatu hari nanti memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dengan hewan itu.

Ilmuwan di KTH Royal Institute of Technology akan menggunakan perangkat lunak AI milik Gavagai untuk membuka rahasia bahasa lumba-lumba, menurut Bloomberg.

Perangkat lunak ini akan digunakan untuk memantau lumba-lumba hidung botol yang tertawan di taman margasatwa di selatan Stockholm, dan proyek ini diperkirakan akan berlangsung empat tahun.

Sudah lama diketahui bahwa lumba-lumba menggunakan suara yang berbeda dan bahkan 'peluit' khusus untuk berkomunikasi dengan rekan mereka dan mengidentifikasi individu tertentu.

Periset bahkan pernah menemukan bahwa lumba-lumba juga seperti manusia, bernyanyi untuk bayi mereka yang belum lahir. Tapi, kebanyakan bahasa mereka tetap menjadi misteri.

Perangkat lunak Gavagai telah menggunakan 40 bahasa manusia, dan diharapkan usaha ini akan mengungkapkan wawasan baru tentang metode komunikasi misterius lumba-lumba.

Sumber: Mail Online