Ponsel Bisa Sebabkan Sejumlah Penyakit

"faktanya sebuah ponsel mengandung bakteri 10 kali lipat banyak dari dudukan toilet"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Sebuah fakta menarik tentang kebersihan ponsel ditemukan. Peneliti mikrobilogi dari University of Arizona menemukan fakta sebuah ponsel mengandung bakteri 10 kali lipat banyak dari dudukan toilet.

Jumlah bakteri yang begitu banyak tersebut bisa memicu sejumlah penyakit kulit. Dilansir dari Allure setidaknya terdapat lima penyakit yang bisa disebabkan oleh bakteri pada ponsel. Yang paling umum adalah jerawat. Bakteri pada ponsel bisa berpindah ke kulit wajah saat menempelkan ponsel ke telinga ketika menerima panggilan. Bakteri ini bisa menutupi pori-pori hingga akhirnya menimbulkan jerawat.

Bakteri pada ponsel bisa mangakibatkan alergi kulit. Sebagian besar komponen smartphone mengandung zat logam nikel dan kromium. Nikel menjadi salah satu penyebab utama alergi pada kulit.

Tech Neck adalah penyakit yang diderita kebanyakan milenial saat ini. Penderitanya mengalami bahu yang membungkuk ke depan dengan sudut yang tidak nyaman. Hal ini diakibatkan oleh kebiasaan menunduk saat melihat layar smartphone, atau laptop dalam waktu yang lama dan berulang.

Penelitian terbaru membuktikan jika blue light pada layar smartphone dapat meningkatkan produksi pigmen yang menimbulkan bintik penuaan dini dan hyperpigmentation. Jika seseorang menderita melasma (belang kecokelatan di wajah), panas yang dihasilkan ponsel dapat memperburuk masalah tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, kulit perlu diberi perlindungan antioksidan yang dapat melawan kerusakan kulit. Gunakanlah serum poten dengan bahan vitamin C, vitamin E dan asam nikotinat. Bisa juga menggunakan hydroquinone yang kuat untuk mengembalikan kecerahan warna kulit.

Direktur peneliti kosmetik dan klinis, Joshua Zeichner, cahaya tak terlihat dari smartphone memiliki efek buruk pada penuaan kulit. Cahaya yang tak terlihat bisa menimbulkan kerusakan kolagen dan kerutan dini.