WhatsApp Business Tersedia Gratis

"Chief Operating Officer WhatsApp Matt Idema menyebutkan pihaknya memiliki tendensi untuk menarik bayaran dari pebisnis "
ilustrasi: WhatsApp Business (net)

KLIKPOSITIF-WhatsApp telah merilis WhatsApp Business di beberapa negara dan Indonesia termasuk salah satu negara pertama yang telah bisa mengakses akun untuk bisnis ini. Sampai saat ini aplikasi untuk pebisnis ini masih tersedia secara gradis baik untuk android maupun iOS.

Namun sepertinya WhatsApp Business tidak akan tersedia secara gratis dalam format yang permanen. Dilansir dari TheNextWeb WhatsApp mengindikasikan niatnya untuk meraih keuntungan langsung dari WhatsApp Business.

Chief Operating Officer WhatsApp Matt Idema menyebutkan pihaknya memiliki tendensi untuk menarik bayaran dari pebisnis nantinya. Namun belum ada rincian seperti apa motode yang dilakukan.

Sejumlah perkiraan pun muncul. Salah satunya layanan gratis itu bakal dilengkapi opsi freemium. Artinya pengguna dapat mengakses fitur yang lebih premium dengan membayar sejumlah duit. Jika ada opsi ini WhatsApp Business akan disisipi pilihan fitur yang fungsinya lebih tinggi.

WhatsApp Business kemungkinan hanya akan memungut bayaran dari kalangan korporasi, seperti bank, situs e-commerce, maskapai penerbangan, perusahaan dengan banyak cabang, atau yang melakukan pengiriman pesan dalam jumlah banyak per harinya.

Dalam pernyataan resminya, WhatsApp mengatakan ingin memfasilitasi pengguna untuk mengorder makanan dari restoran yang akunnya terdaftar di WhatsApp Business. Transaksi dari order tersebut bisa diduitkan dengan mekanisme serupa Go-Food milik Go-Jek.

Ada juga bot berbasis kecerdasan buatan (AI) yang disebut akan mempermudah komunikasi akun bisnis dengan para pelanggannya. Saat ini WhatsApp Business sudah bisa disetel untuk mengirim balasan otomatis. Fitur-fitur WhatsApp Business yang tersedia saat ini sebenarnya sudah terbilang lengkap. Juru bicara WhatsApp mengatakan fitur-fitur yang tersedia saat ini akan terus diberlakukan gratis.