Ini Cara Aktifkan Two-Factor Authentication Instagram

"Two-Factor Authentication adalah sistem keamanan tambahan untuk menjamin hanya pengguna yang bisa masuk ke dalam akun miliknya"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Fitur Two-Factor Authentication telah tersedia di Instagram sejak 2017. Two-Factor Authentication adalah sistem keamanan tambahan untuk menjamin hanya pengguna yang bisa masuk ke dalam akun miliknya.

Selain memerlukan data berupa Username dan Password untuk login, pengguna harus memasukkan kode tambahan yang dikirimkan lewat SMS ke nomor yang dipilih. Fitur ini berlaku ketika pengguna login pertama kali di perangkat baru atau peramban komputer yang tidak dikenal oleh akun Instagram tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur ini update Instagram for iOS ke versi terbaru, masuk ke tab Profile di pojok kanan bawah. Tekan ikon 3 titik untuk masuk ke bagian pengaturan dan cari Two-Factor Authentication.

Masuk di dalam pengaturan Two-Factor Authentication lalu aktifkan knob Require Security Code.Jika belum mendaftarkan nomor telepon untuk akun Instagram tersebut, silakan masukkan nomor telepon. Kode akan dikirimkan dalam bentuk SMS. Masukkan kode tersebut di masuk ke pengaturan berikutnya hingga selesai.

Instagram juga memberikan sistem keamanan tambahan jika pengguna tidak bisa mengakses SMS dengan kode Two-Factor Authentication yang dikirimkan. Sistem ini bernama Backup Codes yang berisi beberapa kode cadangan yang dapat kamu gunakan saat diperlukan.

Tampilan Backup Codes ada di bagian Two-Factor Authentication – Backup Codes. Silakan simpan screenshot tampilan Backup Codes di tempat yang aman seperti aplikasi Password Manager dari 1Password misalnya. Dengan Two-Factor Authentication, maka hanya pemilik password dan akses ke nomor ponsel terdaftar saja yang dapat login ke akun Instagram.