Google Siapkan Fitur Canggih untuk Gmail

"dengan fitur ini pengguna bisa mengirim pesan yang bisa terhapus sendiri"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Selain menyiapkan desain baru untuk Gmail, Google juga berencana menanamkan
fitur baru yang canggih untuk Gmail.

Fitur baru ini disebut membuat Gmail bisa mengirim e-mail yang dapat terhapus sendiri. Dari bocoran screenshot Gmail versi baru yang beredar fitur tersebut muncul dalam bentuk ikon gembok kecil bernama "confidential mode" yang jika diterjemahkan berarti surat rahasia.

Ikon gembok ini terlihat pada jendela penulisan e-mail (compose) di tampilan antarmuka Gmail yang baru. Apabila pengguna mengaktifkan fitur confidential mail dengan mengklik ikon ini, maka penerima e-mail nantinya tidak akan bisa meneruskan (forward) surat elektronik yang bersangkutan, atapupun melakukan copy-paste, mengunduh, atau mencetaknya.

Pesan e-mail yang dikirim dengan confidential mode juga akan terhapus sendiri setelah lewat jangka
waktu tertentu pasca pengiriman. Periode "expiration" tersebut bisa diatur oleh pengguna. Untuk memastikan bahwa penerima confidential benar-benar orang yang dituju, pengguna bisa meminta penerima untuk mengonfirmasikan identitasnya melalui kode pesan yang dikirim lewat SMS.

Confidential mode akan hadir berupa tautan yang mesti diklik untuk menuju si e-mail rahasia. Dalam hal ini implementasi Google berbeda dibandingkan, misalnya, ProtonMail yang juga menerapkan e-mail yang bisa terhapus sendiri.