Xiaomi Ingin Akuisisi GoPro

"Perusahan berbasis di Tiongkok itu disebut menawarkan 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 13,7 triliun untuk membeli GoPro."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Xiaomi diberitakan berniat untuk membeli GoPro. Perusahan berbasis di Tiongkok itu disebut menawarkan 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 13,7 triliun untuk membeli GoPro.

Dilansir dari Bloomberg bos GoPro Nick Woodman mengatakan akan menyambut baik kesempatan GoPro untuk gabung dengan induk perusahaan besar, yang dapat membantu meningkatkan bisnis dan mengembalikan nilai investasi.

Woodman juga mengatakan bahwa awal tahun ini, GoPro menyewa bank investasi JPMorgan Chase & Co. untuk menjadi konsultan untuk mencari pembeli potensial. Setelah kabar bahwa Xiaomi akan mengakuisisi GoPro, nilai saham GoPro pun naik 8,8 persen.

Namun dari sumber yang sama dilaporkan Xiaomi enggan membayar lebih dari Rp 13,7 triliun yang ditawarkan. Kala GoPro resmi menjadi perusahaan publik, nilai sahamnya mencapai lebih dari 10 triliun dollar AS sekitar Rp 137,5 triliun.

Kini saham GoPro turun sebanyak 36 persen tahun ini. Kapitalisasi pasarnya mencapai lebih dari 700 juta sekitar Rp 9,6 triliun. Beberapa tahun terakhir, GoPro memang sedang mengalami kelesuan finansial.

Pada 2016 GoPro merumahkan hampir 600 pekerjanya yang bekerja di divisi produksi drone. Bulan lalu, produk teknologi kamera GoPro seperti sensor kamera dan lensa juga telah dijual ke perusahaan manufaktur Amerika Serikat bernama Jabil.