Sedekah di Basnaz Kini Bisa Nontunai

"pengguna cukup masuk ke aplikasi Go-Jek kemudian scan QR Code arahkan kamera pada barcode Baznas yang tertempel di beberapa tempat"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Kerja sama anatar Badan Amil Zakat nasional (Baznas) dan Go-Pay mendorong sedekah nontunai dengan program QR Code. Dengan program ini diharapkan masyarakat dalam menyalurkan sedekah atau zakat terutama memasuki bulan Ramadan.

Untuk melakukan sedekah melalui teknologi QR Code yang terdapat di Go-Pay pengguna cukup masuk ke aplikasi Go-Jek kemudian scan QR Code arahkan kamera pada barcode Baznas yang tertempel di beberapa tempat. Selanjutnya masukkan jumlah uang yang akan didonasikan. Setelahnya, masukkan pin untuk mengonfirmasi transaksi.

"Kami ingin menjadi jembatan antara masyarakat dan lembaga keuangan dalam donasi nontunai. Kerjasama ini merupakan bagian dari visi dan misi kami," ujar Managing Director Go-Pay, Budi Gandasoebrata, di Kantor Baznas, Jakarta, Rabu seperti dilansir dari suara.com jaringan Klikpositif News Network (KNN) 

Deputi Baznas Arifin Purwakananta mengatakan, masyarakat kini bisa lebih mudah lagi dalam bersedekah ke Baznas. Karena teknologi ini sudah terpasang di beberapa pusat keramaian masyarakat.

"Program sedekah ini dirancang agar bisa diterima oleh masyarakat luas, baik muzaki pemula maupun utama. Jadi orang bisa sedakah tidak terbatas, semua bisa diakses melalui smartphone masing-masing," kata Arifin.

Teknologi QR Code untuk donasi Baznas sendiri saat ini sudah terpasang di 36 mal, 23 stasiun kereta, dan mitra Baznas di area Jabodetabek