Hindari Penipuan, Simak Tips Belanja Online untuk Lebaran Ini

"banyak dari e-commerce yang memberikan penawaran potongan harga menggiurkan hingga gratis ongkos kirim jelang Lebaran"
ilustrasi belanja online (internet)

KLIKPOSITIF -- Libur panjang Lebaran dimulai. Artinya, kaum hawa terutama ibu-ibu pekerja sudah mulai melupakan perkerjaan rutinnya dan fokus pada pemenuhan kebutuhan menjelang Lebaran.

Dengan berkembangnya teknologi digital, mayoritas ibu-ibu pekerja sudah mulai mengalihkan pilihan belanja lebaran pada market place atau e-commerce. Terlebih, banyak dari e-commerce yang memberikan penawaran potongan harga menggiurkan hingga gratis ongkos kirim jelang Lebaran.

Dilansir dari laman halallifestyle.id, ada banyak kemudahan dalam sistem belanja on-line. Meski demikian, harus tetap berhati-hati agar tidak sampai menjadi korban penipuan. Untuk menghindarinya, ada beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan.

Pertama, pastikan toko yang Anda pilih terautorisasi. Maksudnya, toko-toko yang ada dalam situs e-commerce harus aman. Untuk memastikannya bisa dicek logo yang menunjukkan toko tersebut terautorisasi. Dengan logo itu, Halal Lovers juga bisa memastikan produk yang Anda beli asli.

Kemudian cek rating dan ulasan produk. Sehingga Anda bisa memastikan jika sudah ada pelanggan lain yang memiliki pengalaman positif dengan toko bersangkutan. Biasanya, rating diberikan antara satu hingga lima bintang. Lima bintang akan diberikan jika barang yang dibeli dan pelayanan dari toko memang memuaskan pembeli.

Ulasan-ulasan yang tercantum juga bisa menjadi pertimbangan Anda. Jika banyak yang positif, maka anda tak perlu ragu untuk membeli produk tersebut. Tapi jika negatif, maka anda harus berhati-hati. Untuk mendapatkan penawaran flash-sale, ada baiknya Anda mengaktifkan push notification saat anda menginstal aplikasi.

Sikapi promo dengan baik dan sesuai kebutuhan. Jangan menjadikan promo sebagai alasan Anda untuk memberi barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Perhatikan waktu-waktu yang tepat untuk mengakses toko online karena biasanya setiap toko online mengemas momentum tertentu untuk menggelar promo. ... Baca halaman selanjutnya