Yahoo Messenger Ditutup Juli Nanti

"meski ditutup ID Yahoo pengguna akan tetap utuh untuk layanan lain seperti Mail dan e-sport"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Layanan antarpesan Yahoo Messenger akhirnya akan ditutup pada 17 nanti. Setelah penutupan YM, Yahoo menyatakan hingga kini belum ada produknya yang berperan sebagai pengganti Yahoo Messenger ini.

Alasan penutupan Messenger ini tidak disampaikan secara rinci oleh perusahaan. Namun dinilai langkah ini dilakukan perusahaan untuk memiliki aplikasi perpesanan yang dapat bersaing dengan Facebook dan aplikasi perpesan lainnya di ponsel. Perusahaan mengaku masih terus bereksperimen dengan layanan dan aplikasi baru.

Hasil eksperimen ini salah satunya adalah aplikasi messaging undangan grup yang disebut Yahoo Squirrel. Squirrel adalah aplikasi pesan grup Yahoo memulai pengujian bulan lalu dan masih dalam versi beta. Seperti diketahui, aplikasi perpesan saat ini didominasi WhatsApp, Messenger Facebook, Snapchat, WeChat dan sejumlah lainnya. Selain Yahoo Messenger, Oath juga menutup AIM, aplikasi perpesanan yang setara dengan AOL, pada bulan Oktober mendatang.

Nantinya meski ditutup, perusahaan mengatakan ID Yahoo pengguna akan tetap utuh untuk layanan lain seperti Mail dan e-sport. Yahoo mengatakan pengguna dapat mengunduh riwayat obrolan di Messenger selama enam bulan ke depan. File akan masuk ke komputer atau perangkat Anda, tetapi tidak secara khusus ke aplikasi perpesanan lain.

Yahoo Messenger pertama kali melakukan debutnya sebagai cara Yahoo Pager pada tahun 1998, pada saat pesan instan dilakukan melalui PC, sebagai alternatif untuk email dan SMS pada perangkat seluler dasar.