Rantai Bermasalah, Yamaha Tarik Dua Motor Ini dari Pasaran

"Baut yang menahan chain-guard dapat kendur dengan sendirinya karena terkena getaran"
Yamaha MT-07 (Net)

OTOMOTIF, KLIKPOSITIF -- Pabrikan motor asal Jepang menarik semua produk motor naked berkapasitas mesin besar yakni MT-07 dan XSR-700 dari pasaran karena adanya masalah pada bagian pelindung rantai.

Penarikan unit motor (Recall) tersebut dilakukan di Amerika Serikat. Berdasarkan laporan Motorcycle, masalah pada pelindung rantai tersebut bisa membuat kerusakan pada rantai penggerak sehingga membahayakan.

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menyatakan bahwa baut yang menahan chain-guard dapat kendur dengan sendirinya karena terkena getaran. Jika didiamkan, lambat laun masalah ini berpotensi merusak rantai.

Dalam hal ini, Yamaha Motor Corp. USA sudah diberi peringatan oleh perusahaan induk sejak pertengahan 2018 lalu. Permasalahan ini pertama kali diketahui saat dilakukan quality control dan percobaan pada beberapa model yang didatangkan langsung dari Jepang.

Akibat masalah ini, setidaknya ada 3.493 unit di negeri Paman Sam yang terkena recall. Untungnya, Yamaha FZ-07, generasi terdahulu dari Yamaha MT-07 tidak terkena kasus yang sama meski memiliki desain swingarm serupa.

Meski begitu, sejauh ini belum ada laporan yang menyebutkan bila masalah tersebut sudah memakan korban jiwa. Rencananya, Yamaha USA akan segera melakukan pemanggilan kepada pemilik yang memiliki kendaraan terdampak.(*)