Ini Cara Matikan Pelacak Lokasi Google

"setelah mematikan tombol lokasi Google masih melacak lokasi"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Kegunaan ponsel saat ini tidak hanya sebatas untuk berkomunikasi. Pengguna juga bisa memanfaatkannya untuk melihat riwayat lokasi yang pernah dikunjungi.

Ketika pengguna menonaktifkan 'riwayat lokasi' atau 'layanan lokasi' Google masih bisa melacak dan mengumpulkan data lokasi apa pun dari perangkat tersebut. Google melacak lokasi pengguna untuk memberikan hasil pencarian yang dipersonalisasi berdasarkan lokasi dan iklan.

Dilansir dari Gadgets Now, setelah mematikan tombol lokasi Google masih melacak lokasi berdasarkan layanan yang digunakan pengguna seperti cuaca, peta, pencarian, dan juga menggunakan alamat IP. Berikut ini cara untuk mematikan pelacakan lokasi Google dalam platform Android dan iOS:

1. Cara mematikan pelacakan lokasi Google untuk perangkat Android

Pengguna cukup membuka opsi Pengaturan > Google > buka Akun Google > cari tab Data & Personalisasi > buka opsi Data & Personalisasi > ketuk opsi Riwayat Lokasi dan matikan setelan untuk masing-masing atau semua perangkat yang ditautkan ke akun Google tersebut.

2. Cara mematikan pelacakan lokasi Google untuk perangkat iOS dan Windows

Pengguna harus mengakses situs https://myaccount.google.com/activitycontrols di browser > masuk ke akun menggunakan kredensial pengguna > nonaktifkan pengaturan Aktivitas Web & Aplikasi dan matikan Riwayat Lokasi yang terletak tepat di bawah setelan Aktivitas Web & Aplikasi