Yamaha FreeGo, Era Baru Motor Matic?

Yamaha FreeGo
Yamaha FreeGo (Net)

OTOMOTIF, KLIKPOSITIF -- Yamaha Motor Indonesia secara resmi telah meluncurkan satu varian baru dari motor matic mereka beberapa pekan yang lalu. Diberi nama FreeGo, motor ini memiliki banyak kelebihan dibanding produk serupa di kelas 125 cc.

Di Kota Padang, motor ini secara resmi telah diluncurkan pekan lalu oleh main dealer CV Tjahaja Baru. Motor Yamaha FreeGo diklaim sebagai era baru motor matic karena memiliki banyak kelebihan.

baca juga: Rossi Tak Ingin Pindah ke Petronas hanya untuk Pensiun

Bahkan, salah satu dari komponen itu hanya dijumpai di motor matic premium, namun ada di FreeGo. Komponen tersebut adalah penerapan tangki bahan bakar.

Penyimpanan bahan bakar motor FreeGo terletak di depan dengan kapasitas 4,2 liter. Penempatan tangki ini bisa dikatakan efektif, sebab pengendara tidak perlu bersusah payah untuk membuka jok saat pengisian bahan bakar.

baca juga: Ducati Tak Lagi Tertarik Rekrut Lorenzo

Tangki tersebut dilindungi oleh pelat baja dan memiliki jarak terendah hingga 135 mm dari tanah seperti NMax.

Tidak hanya itu, menurut Yamaha Motor Indonesia, secara keseluruhan, motor ini memiliki 10 keunggulan lain. Sepuluh keunggulan tersebut membuat motor FreeGo diklaim sebagai matic cerdas.

baca juga: Ducati Siapkan Tempat untuk Jack Miller

Dimulai dari kompartemen penyimpanan, kapasitas bagasi skuter FreeGo mencapai 25 liter, bahkan lebih besar dari NMax. Dengan kompartemen luas, konsumen bisa membawa sejumlah barang dan menyimpannya di dalam bagasi.

Keberadaan bagasi tersebut juga didukung dengan penerapan jok yang cukup panjang, yakni 895 mm. Kenyamanan pengendara juga semakin lengkap dengan uang kaki juga cukup lebar.

baca juga: Gaya Balapnya Disebut Mirip Lorenzo, Ini Kata Quartararo

Pada bagian roda penggerak, Yamaha melakukan sebuah perubahan yang signifikan pada skuter ini. Ukuran ban FreeGo terbilang cukup besar, dengan velg berukuran 12 inchi, Yamaha melengkapi kenyamanan pengendara dengan pemasangan ban tapak lebar berukuran 100/90 untuk depan, dan 110/90 di belakang.

Hal ini jelas sebuah perubahan yang cukup ketara, sebab di beberapa produk sebelumnya, penerapan ban bertapak lebar hanya bisa dijumpai di matic kelas premium seperti NMax dan Lexi.

Sedangkan untuk yang sekelasnya seperti Mio, X-ride dan Vino yang rata-rata memiliki velg ukuran 14 inchi dan ban ukuran 80/80 di depan dan 100/70 di belakang.

Kelebihan lain dari motor FreeGo ini ditemukan pada bagian penerangan dan indikator speedometer. Untuk penerangan, FreeGo menerapkan lampu dengan sistem pencahayaan LED yang dilengkapi lampu Hazard.

Sementara untuk indikator speedometer, skuter ini sudah dilengkapi sistem digital yang dilengkapi dengan Multi Information Display (MID) dan Eco Indicator.

Dari sisi keamanan, Yamaha sudah mulai mengikuti perkembangan pasar dengan pemasangan Smart Key System (SKS) untuk pengoperasian motor. Fitur ini juga dilengkapi dengan Immobilizer dan Sistem Jawab Kembali (Answer Back System).

Kemudian ada pula sistem Anti-Lock Brake System (ABS) pada bagian roda pacu sehingga mampu mengurangi potensi kecelakaan akibat selip ban saat pengereman.

Di sisi lain, motor ini menggunakan mesin Blue Core 125cc dengan sistem asupan baru dan Smart Motor Generator (SMG), sehingga dianggap sebagai percepatan dan starter yang lebih halus. Skuter ini menggunakan teknologi DiASil silinder dan forged piston.

Dua keunggulan lain dari motor ini adalah penerapan soket daya listrik untuk telepon genggam. Dengan adanya fitur ini, pengendara bisa melakukan pengisian baterai saat di perjalanan.

Terakhir, selain canggih dan memiliki banyak fasilitas, motor ini juga diklaim hemat bahan bakar. Pasalnya, skuter FreeGo memiliki teknologi Stop & Start System (SSS).

Teknologi ini memungkinkan pengendara menghemat bahan bakar karena mesin secara otomatis mati ketika berhenti lebih dari lima detik. Konsumsi bahan bakar yang nggak perlu dan akan secara otomatis menyala ketika tuas gas diputar.

Motor Yamaha FreeGo hadir dengan dua varian warna untuk tipe S yakni merah dan silver. Sementara untuk tipe biasa ada 4 varian warna yakni merah, biru dan putih metalik serta hitam.

Untuk tipe S, Yamaha FreeGo dibanderol dengan harga Rp19.700.000 (OTR Jakarta), sedangkan yang tipe biasa Rp18.500.000 (OTR Jakarta).(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa