Microsoft Siapkan Dukungan Game Cross-Plaform

" Microsoft ingin membawa dukungan Xbox Live ke lebih banyak judul game"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Microsoft diberitakan akan merilis sebuah platform baru untuk mendukung pengembangan game cross-platform. Tujuannya adalah memberi dukungan Xbox Live bagi game yang tersedia pada platform selain PC dan Xbox, seperti iOS, Android, dan bahkan Nintendo Switch.

Saat ini Microsoft telah memiliki sejumlah game yang sudah mempunyai dukungan Xbox Live untuk digunakan pada platform lain. Salah satu contoh yang paling populer adalah Minecraft, dimana game akan memerlukan login Xbox Live sebelum dapat dimainkan di perangkat iOS, Android, dan Nintendo Switch.

Rencana ke depannya Microsoft ingin membawa dukungan Xbox Live ke lebih banyak judul game. Dengan dihadirkannya platform terbaru ini, harapannya, pengembang bisa dengan mudah memberikan dukungan Xbox Live dengan menambahkan berbagai fitur.

Sebagai contoh adalah fitur seperti tropi, sistem sosial, dan multiplayer ke dalam game yang dikembangkan untuk perangkat iOS, Android, dan Nintendo Switch—sebagai upaya memperbanyak basis pengguna Xbox Live. Microsoft juga akan memanfaatkan rangkaian perangkat backend PlayFab sebagai bagian dari rencana masa depan ini.

PlayFab bertujuan untuk mempermudah proses yang dilakukan pengembang untuk mengembangkan game dengan dukungan cross-platform. Ketika pada akhirnya perangkat ponsel makin bisa disandingkan dengan platform game lainnya, pergerakan Microsoft menghadirkan layanan cross-platform bisa menjadi langkah penting dalam membuka pasar baru yang lebih luas dan merata.