Volvo Kembangkan Helm Sepeda

"Pengujian dilakukan dengan berbagai model benturan ke area kap mobil Volvo"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Volvo dikenal sebagai perusahaan yang memiliki atensi pada keselamatan transportasi. Sehingga tak sebatas meracik mobil, kali ini pabrikan asal Swedia itu mengembangkan helm sepeda yang tahan terhadap benturan mobil. "Pengujian dilakukan dengan berbagai model benturan ke area kap mobil Volvo dalam kecepatan dan sudut berbeda untuk berbagai pengukuran," demikian pernyataan Volvo, seperti dikutip dari Autoblog.

Menurut Volvo, prosedur pengujian helm sepeda saat ini tidak mengandalkan teknologi tinggi. Sebagian besar pengujian hanya dengan cara menjatuhkan helm dari ketinggian berbeda. Mereka mengklaim, pengujian yang baru dilakukan dengan menggandeng POC (perusahaan pendesain helm dan perlengkapan sepeda) bisa membantu merancang helm agar lebih tahan terhadap dampak benturan mobil.

"Sangat mengerikan, setiap kali melihat dampak benturan yang terjadi antara pesepeda dengan mobil di jalan raya," ungkap Volvo.

Selain itu, perusahaan pun mengklaim pengujian juga mampu memberikan wawasan terhadap desain-desain kendaraan di masa depan. Dengan begitu diharapkan, helm di masa depan bisa menyelamatkan lebih banyak kepala manusia ketika mengalami tabrakan dengan mobil.

Beberapa karya Volvo yang berhubungan dengan keselamatan penumpang di bidang otomotif antara lain adalah proteksi airbag bagi penumpang dan driver, serta side airbag bagi penumpang belakang. Juga crumple zone atau zona tumbukan dengan penguatan seluruh pilar mobil.