Instagram Sediakan Mode Hemat Internet untuk Pengguna Android

"Mode baru ini diklaim bisa menghemat penggunaa kuota internet pengguna media sosial tersebut."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Instagram memperkenalkan mode hemat internet khusus untuk gawai bersistem operasi Android. Mode baru ini diklaim bisa menghemat penggunaa kuota internet pengguna media sosial tersebut.

Mode hemat internet Instagram itu diluncurkan untuk negara-negara berkembang yang belum memiliki akses internet berkecepatan tinggi, termasuk Indonesia. "Melalui mode ini, pengguna dapat menjelajahi dan berbagi momen di Instagram dengan orang terdekat tanpa harus menghabiskan penggunaan kuota internet seluler yang terlalu besar," dalam pernyataan resmi Instagram.

Mengutip laporan Speedtest Global Index Ookla pada April 2019, Instagram mengatakan bahwa Indonesia menempati urutan 123 dari 138 dalam daftar negara dengan internet cepat. Kecepatan internet rata-rata di Indonesia sekitar 10,44 Mbps, sementara rata-rata kecepatan internet dunia telah mencapai 26,96 Mbps.

Instagram tidak akan secara otomatis menampilkan pre-load video maupun foto beresolusi tinggi jika pengguna mengaktifkan mode penghemat data. Untuk mengaktifkan mode ini, pengguna dapat mengunjungi “Pengaturan”, pilih “Akun”, dan pilih “Pengaturan Data Seluler”. Setelah itu, pengguna dapat mengaktifkan opsi “Penghemat Data” dengan menggeser tombol ke kanan.

Mode penghemat internet Instagram ini sudah mulai tersedia secara bertahap sejak 5 Juni 2019.