Huawei akan Punya Nama Berbeda untuk Pasar Internasional

"Selain itu, ponsel ini jgua takkan langsung terinstall facebook, whatsapp dan instagram"
Huawei (net)

KLIKPOSITIF -- Beberapa minggu setelah mengungkapkan kemungkinan nama OS ponsel Huawei sendiri, China Global Times mengklaim bahwa Huawei akan memiliki nama yang berbeda untuk pasar Internasional.

Dilansir dari China Global Times via AsiaOne, platform seluler Huawei akan dikenal sebagai 'Oak OS' untuk pasar Internasional. Selain itu, Huawei tengah menguji secara intensif platform seluler dan kemungkinan akan diluncurkan pada Agustus dan September mendatang.

Sebelumnya Richard Yu, CEO bisnis konsumen Huawei berbagi dengan CNBC bahwa OS mobile Huawei sudah siap untuk digunakan di ponsel serta tablet di China pada musim gugur tahun ini. Sementara itu, versi Internasional baru siap digunakan di kuartal 1 atau kuartal 2 tahun depan.

Synopsys, pemasok alat desain chip terbesar di dunia telah menghentikan pembaruan desain chip vital untuk Huawei. Tak hanya itu, Synopsys akan menghentikan program pengembangan chip internal perusahaan dan ambisi 5G.

Baru-baru ini juga aplikasi Media sosial Facebook mematuhi aturan Pemerintah Amerika Serikat untuk tak lagi izinkan aplikasinya berada dalam ponsel terbaru besutan Huawei.

Seperti yang diketahui, Presiden AS Donald Trump memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam Negeri Paman Sam, sehingga vendor asal China mendapatkan kesulitan akses pre install aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook, yaitu WhatsApp, Instagram dan Facebook itu sendiri.

Artinya, aplikasi bawaan ponsel Huawei terbaru tidak akan langsung terinstal Facebook, Instagram dan WhatsApp. Meski begitu, pengguna masih bisa memasangnya dengan mengunduhnya secara manual di Play Store. (*)

sumber: HiTekno