Perusahaan Ini Mengaku Mampu Buka Kunci Semua Perangkat iPhone

"Untuk membuka kunci iPhone digunakan Universal Forensic Extraction Device (UEFD) terbaru."
Alat bernama Universal Forensic Extraction Device (UEFD) (net)

KLIKPOSITIF-Perusahaan forensik dari Israel, Cellebrite mengaku mampu menjebol dan membuka semua jenis iPhone yang terkunci. Mereka mengaku mampu membuka iPhone yang menjalankan sistem operasi hingga iOS 12.3.

Pengumuman ini disampaikan melalui akun Twitter mereka, pada 14 Juni 2019 kemarin. Cellebrite mengklaim kemampuan ini mampu dilakukan dengan gunakan Universal Forensic Extraction Device (UEFD) terbaru.

Dalam laman UEFD Premium, Cellebrite ungkapkan hanya dengan gunakan metode ini, pihak berwenang mampu membuka perangkat iOS dan beberapa perangkat Android. Sebagai informasi, UEFD Premium mampu digunakan pada iOS 7 hingga iOS 12.3.

Meskipun sebuah organisasi membeli perangkat ini, para anggotanya dapat menggunakan pula dengan bebas. Tak hanya itu, UEFD produk Cellebrite ini bahkan pernah muncul di situ penjualan online, eBay awal tahun lalu.

Perangkat ini dijual dengan harga $100, sebuah harga yang murah bila dibandingkan kemampuannya menembus privasi pengguna.

Selama ini, Apple memang tengah mengembangkan sistem operasi agar tidak bisa ditembus oleh perusahaan seperti Cellebrite atau Grayshift. Oktober 2018 kemarin, peralatan forensik dari Grayshift, GrayKey sudah tidak mampu lagi menembus iOS 12 karena perubahan yang dilakukan oleh Apple.

Cellebrite dan GrayShift adalah dua perusahaan forensik yang kerap saling berkompetisi untuk menembus keamanan perangkat Apple.