Toyota Punya Dua Teknologi Keamanan Baru

"Auto Shut Off ini bermanfaat khususnya bagi pengemudi yang suka lupa memasukkan gigi ke posisi P (parkir) saat meninggalkan kendaraan"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF- Toyota memiliki dua fitur keselamatan terbaru demi keamanan kendaraan saat parkir. Teknologi yang dinaman “Auto Shut Off ini bermanfaat khususnya bagi pengemudi yang suka lupa memasukkan gigi ke posisi P (parkir) saat meninggalkan kendaraan.

Fitur “Auto Shut Off” akan disematkan pada sebagian besar kendaraan Toyota model 2020 di Amerika Serikat. Sesuai namanya, fitur tersebut akan secara otomatis mematikan mesin setelah periode waktu tertentu. Sistem tersebut dirancang untuk mencegah pengemudi meninggalkan kendaraan mereka dengan mesin tetap hidup dalam waktu lama.

Hal ini berpotensi bahaya jika pengemudi memarkirkan kendaraan dan tiba-tiba kendaraan bergerak tak terkendali. Selain bisa secara otomatis mematikan mesin, Toyota mengatakan perbaikan pada sistem tersebut di masa mendatang bisa meliputi notifikasi yang yang dapat dikirimkan ke aplikasi smartphone.

Sedangkan fitur keselamatan kedua bernama “Automatic Park.” Fitur ini mulai terpasang pada model kendaraan 2020 yang sudah dilengkapi dengan peranti elektronik untuk memindahkan persneling dan atau mengaktifkan rem parkir. Sistem ini akan otomatis memindahkan tuas persneling ke posisi P atau mengaktifkan rem parkir, jika pengemudi tiba-tiba keluar meninggalkan kendaraan tanpa memindahkan gigi ke posisi P.

Menurut Toyota, teknologi anyar ini akan memberikan peringatan berupa suara dan visual di layar MID untuk mengingatkan pengemudi jika tuas persneling belum masuk ke posisi P. Toyota menyatakan keberadaan fitur anyar ini merupakan bagian dari komitmen mereka untuk terus melakukan perbaikan. Fitur ini setidaknya dapat mencegah munculnya korban, baik dari sisi pengemudia maupun orang lain akibat kelalaian pengemudi.