Harley-Davidson Gandeng Produsen Motor Cina Buat Motor Murah

"Harley Davidson dan Qianjiang Motorcycle ini memproduksi motor bernama Big Hogs."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Harley-Davidson akan berkolaborasi dengan produsen otomotif asal Cina untuk membuat sepeda motor murah. Kerja sama HD dengan perusahaan yang bernama Qianjiang Motorcycle ini akan memproduksi motor bernama Big Hogs.

Dilansir dari Reuters langkah ini dilakukan sebagai bagian dari strategi menangani penjualan yang rendah di Amerika Serikat. Kerja sama Harley-Davidson dengan Qianjiang untuk memotong biaya produksi dan memperoleh setengah penjualan di luar Amerika Serikat pada 2027.

Big Hogs akan dibuat dengan kapasitas mesin 338 cc, serta dijual mulai akhir 2020. Analis dari Baird, Craig Kennison mengatakan harga motor yang diperkenalkan akan terjangkau. Sehingga akan menambah lebih banyak pengendara baru.

"Pasar sepeda motor internasional sangat besar, tetapi Harley-Davidson belum mampu menembus dengan motor besar yang mahal," ujar Craig Kennison.

Diketahui penjualan Harley-Davidson di Cina meningkat 27 persen pada 2018 dibanding 2017. Harley-Davidson memilih Qianjing karena dimiliki oleh operator merek Volvo China Geely memiliki pengalaman di bidang motor kecil kelas atas dan pengetahuan tentang pasar negara berkembang.

Namun rencana pemindahan ini membuat Presiden Donald Trump marah. Pada tahun lalu ia mengancam akan mengenakan pajak yang lebih tinggi pada Harley-Davidson setelah pihaknya membuat rencana untuk memindahkan produksi untuk pelanggan Eropa di luar negeri.