Aplikasi-aplikasi Ini Bisa Bikin Jago Bahasa Asing Tanpa Kursus

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Google Play Store menawarkan berbagai aplikasi yang bisa digunakan bagi mereka yang ingin belajar bahasa asing secara gratis. Selain belajar bahasa, lewat aplikasi tersebut pengguna pun juga dapat menambah teman dari berbagai belahan dunia.

Berikut ini lima aplikasi untuk permudah belajar bahasa asing tanpa kursus yang telah dirangkum tim tekno Suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com:

1. Memrise

Baca Juga

Aplikasi yang memiliki ukuran sebesar 20 MB ini ditawarkan oleh Memrise. Dirilis pada tahun 2013, aplikasi ini pernah meraih penghargaan Google Play I/O untuk Aplikasi Terbaik pada 2017.

Pengguna Memrise dapat mempelajari bahasa dari penutur asli dengan antarmuka bahasa Inggris. Bahasa yang tersedia mencakup Spanyol, Perancis, Jepang, Italia, Jerman, Korea, Arab, Rusia, Mandarin, Portugis, Dansk, Swensk, Polski, Norsk, Turki, Belansa, Islan, dan Mongol.

Lewat Memrise, pengguna dapat belajar sambil bermain game dan menawarkan metode pengajaran yang berulang-ulang, sehingga membantu pengguna mengingat dengan mudah. Selain itu, terdapat fitur progress dan reminder. Aplikasi ini sendiri telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali.

2. Mondly

Aplikasi yang ditawarkan oleh ATi Studios ini hanya berukuran sebesar 37 MB. Lewat aplikasi ini pengguna dapat mendengarkan percakapan dan pembicaraan sehari-hari dari penutur asli.

Selain itu, terdapat fitur Speech Recognition yang akan menilai seberapa tepat logat, intonasi, dan pengucapan kata pengguna.

Mondly pun memiliki metode belajar yang dibagi menjadi beberapa sesi dan disesuaikan dengan kemampuan serta kecepatan belajar pengguna. Aplikasi yang telah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta kali ini mencakup 30 bahasa.

3. Tandem Language Exchange

Aplikasi sebesar 23 MB ini ditawarkan Tripod Technology GmbH. Selain belajar bahasa, pengguna juga dapat berteman dan mengobrol langsung dengan anggota Tandem di seluruh dunia. Selain itu, pengguna pun dapat menyewa pengajar online untuk mendapatkan pelajaran secara privat dengan harga terjangkau.

Terdapat lebih dari 150 bahasa dan lebih dari 2.500 kombinasi bahasa, pengguna dapat menguasai bahasa asing dengan bantuan penutur asli menjadi lebih mudah. Aplikasi ini sendiri telah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta kali.

4. Busuu

Hanya memiliki ukuran sebesar 16 MB, aplikasi yang ditawarkan oleh Busuu ini dapat membantu pengguna terhubung dengan teman di belahan dunia lain yang juga belajar bahasa. Pengguna bisa terhubung melalui pesan teks, pesan suara, ataupun video.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini memiliki fitur tes penempatan yang akan menilai tingkat kesulitan bagi pengguna, latihan aksen, kursus lengkap, tata bahasa, belajar luring, hingga sertifikasi.

5. Duolingo

Aplikasi sebesar 16 MB ini dapat membantu pengguna mempelajari kosakata populer yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari pada bahasa tertentu.

Melalui Duolingo, pengguna dapat belajar bicara, menulis, mendengarkan, dan membaca dengan lebih dari 20 bahasa yang tersedia. Jika bosan belajar sendirian, pengguna pun bisa mengajak teman atau keluarga untuk membuat grup dan berkompetisi dengan mereka.

Aplikasi ini telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali dan meraih penghargaan sebagai Aplikasi Terbaik pada 2013. (*)

Baca Juga

Penulis: Eko Fajri