Ini Ketentuan Perangkat Apple Bisa Gunakan Fitur Sidecar di Catalina

"Sidecar adalah fitur yang mampu membuat iPad menjadi layar kedua saat dihubungkan ke Mac."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-macOS 10.15 Catalina membawa fitur baru bernama Sidecar. Sidecar adalah fitur yang mampu membuat iPad menjadi layar kedua saat dihubungkan ke Mac.

Fitur ini membuat pengguna tidak perlu lagi mencari layar eksternal yang terhubung ke listrik. Sebelumnya, pengguna tidak dapat menggunakan iPad sebagai layar kedua portable saat dihubungkan pada Mac.

Hingga macOS 1.14 Mojave dan iOS 12, pengguna perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Duet Display untuk dapat menggunakan iPad sebagai layar kedua. Kondisi tersebut harus berubah berkat kehadiran Sidecar yang dibawa macOS 10.15 Catalina.

Sidecar membuat pengguna tidak perlu membeli aplikasi ketiga untuk dapat menggunakan iPad sebagai layar portable. Ternyata ada catatan bila ingin menggunakan Sidecar, sebab tidak semua iPad dan Mac dapat menggunakan fitur tersebut.

Apple membatasi hanya iPad yang mendukung Apple Pencil dan iPadOS yang dapat menggunakan fitur Sidecar. Sehingga, iPad Air 2, iPad Mini 4, hingga iPad generasi 5 (2017) tidak dapat menggunakan Sidecar.

Tak hanya iPad, Apple juga membatasi hanya Mac tertentu yang dapat menggunakan Sidecar. Pada MacBook contohnya, hanya MacBook dengan Buterfly Keyboard saja yang dapat mendukung Sidecar.

Berikut datftar lengkap untuk iPad (iPadOS):

iPad generasi 6 ke atas (2018)
iPad Mini generasi 5 (2019)
iPad Air generasi 3 (2019)
iPad Pro semua model

Sementara untuk Mac, berikut daftar lengkapnya;

MacBook Pro 2016 ke atas
MacBook 2016 ke atas
MacBook Air 2018 ke atas
iMac Retina 5K 27 inci, late 2015
iMac 2016 ke atas
iMac Pro
Mac Mini 2018 ke atas
Mac Pro 2019

Selain syarat hardware, ternyata syarat sistem yang harus dipenuhi sebelum menggunakan Sidecar, yaitu menggunakan Apple ID yang sama.

Jika ingin menggunakan Sidecar secara wireless, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama Bluetooth, Wi-Fi, ... Baca halaman selanjutnya