Sering Terabaikan, Ini Cara Merawat Ban Serap

" kondisi ban serap tidak prima tapi tetap digunakan bisa menimbulkan resiko berkendara."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Ban serap, sering terabaikan jika tidak digunakan. Jika tidak terpakai, biasanya banyak pengguna yang abai dan lupa untuk merawatnya.

Dilansir dari dari autocarban cadangan mobil, harus berada dalam kondisi yang siap siaga ketika dibutuhkan. jikaban utama mengalami masalah, dan kondisi ban serap tidak prima tapi tetap digunakan bisa menimbulkan resiko berkendara.

Pengendara harus rutin memeriksa kondisi ban serap yang ada di mobil. Periksa, apakah bagian kembang masih bagus, lalu apakah ada kebocoran atau tidak dan juga tekanan udaranya. Dalam memeriksa tekanan udara, sebisa mungkin menggunakan alat ukur tekanan roda (tire pressure gauge).

baca juga: Peugeot Dibeli Produsen Otomotif dari India

Jika tekanan udara ban serap berkurang, isilah dengan melebihi sekitar 5 psi. Hal ini berguna untuk menjaga agar tekanan udara di ban serap tidak berkurang sampai habis. Karena ketika lama tidak digunakan, tekanan udara di dalam ban serap akan berkurang.

Kalau kondisi fisik seperti bagian kembang yang masih bagus, tidak ada kebocoran dan tekanan udara sudah dilebihkan. Jangan lupa untuk membersihkan ban serap dengan mencuci dan mengelap secara berkala. Mencuci dan mengelap ban serap jugabermanfaat untuk menjaga elastisitas ban selama tersimpan.