Apple Tutup Jalur Downgrade iOS 13.1.2

"pengguna tidak bisa lagi menurunkan sistem ke iOS 13.1.2 atau iOS 13.1.3."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Setelah memberikan update terbaru iOS13, Apple kini menutup jalur downgrade iOS 13.1.2 dan iOS 13.1.3 bagi pengguna umum. Penutupan dilakukan setelah Apple membagikan iOS 13.2 selama sepekan lalu dan iOS 13.2.2 hari ini.

Dengan penutupan ini pengguna tidak bisa lagi menurunkan sistem ke iOS 13.1.2 atau iOS 13.1.3. Penutupan ini biasa dilakukan Apple satu pekan setelah setiap sistem operasi baru rilis.

Kebijakan ini dilakukan Apple untuk melindungi penggunanya dari percobaan menembus keamanan. Sebab, banyak pihak yang selalu mencoba untuk menembus sistem keamanan iOS dengan memanfaatkan kode program yang diunggah Apple.

Untuk mencegah hal tersebut, Apple selalu menarik tautan unduhan sistem operasi lawas sebelum dimanfaatkan berbagai pihak. Penutupan iOS 13.1.2 dan iOS 13.1.3 dilakukan hanya beberapa saat setelah Apple membagi update kamanan baru iOS 13.2. 

Update tersebut menyelesaikan masalah management RAM dan multitasking yang kerap dikeluhkan pengguna. iOS 13.2 Pertama rilis pada beberapa pekan lalu dengan hadirkan dukungan terhadap AirPods Pro.

Selain itu, iOS 13.2 juga hadirkan fitur Deep Fushion Camera untuk iPhone 11 dan iPhone 11 Pro. Saat ini Apple juga tengah melakukan uji coba iOS 13.3 yang baru memasuki tahap beta pertama.

iOS 13.3 Membawa beberapa fitur baru seperti Screen Time baru hingga pengaturan memoji dan animoji di keyboard. Penutupan jalur downgrade secara resmi ke sistem operasi sebelumnya juga membuat perangkat untuk tetap up to date.