Google Kini Paham Bahasa Jawa dan Sunda

" Ke depannya, tidak menutup kemungkinan akan ada tambahan bahasa daerah yang lain"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Google baru-baru ini menambah penguasaan bahasa daerah pada mesin pencarinya. Pengguna kini bisa menerjemahkan segala bentuk teks di Google Translate ke dalam bahasa daerah, yaitu bahasa Sunda dan Jawa.

"Kami tahu bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah bahasa yang beragam. Oleh karena itu, kami membantu mereka dengan fitur baru ini. Ke depannya, tidak menutup kemungkinan akan ada tambahan bahasa daerah yang lain," tutur Group Product Manager, Google Search, Bibo Xu di Jakarta dilansir dari Suara.com.

Sebelumnya, alih bahasa asing hanya bisa ditranslasi ke dalam Bahasa Indonesia. Pada kesempatan yang sama, Bibo Xu juga mengumumkan bahwa Google Search bisa membantu penggunanya dalam menemukan momen-momen penting di video tertentu, dan mencantumkan linknya ke dvideo berdasarkan penunjuk waktu yang diberikan kreator konten di YouTube melalui fitur Key Moments.

Sementara bagi para konten kreator yang telah mengupload videonya ke YouTube, mereka hanya perlu menambahkan penunjuk waktu dalam deskripsi video. Bibo Xu juga mengatakan bahwa Google Lens sudah diperbarui, sehingga informasi yang ada pada pencarian gambar (Google Image Search) lebih aktual dan menarik.