Tingkatkan Keamanan Mobil Otonom, Teknologi Sensor Terus Dikembangkan

"Perusahaan teknologi Aurora mengembangkan sebuah perangkat lunak dan juga teknologi sensor yang bisa disematkan pada mobil otonom."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Mobil otonom atau mobil tanpa awak terus dikembangkan untuk lebih ramah terhadap pengendara sepeda motor. Dilansir dari Rideapart, perusahaan teknologi Aurora mengembangkan sebuah perangkat lunak dan juga teknologi sensor yang bisa disematkan pada mobil otonom.

Temuan baru ini pun langsung diuji coba oleh Order Motorcycle Club, dan dilakukan dengan cara mengendarai sepeda motor di sekitar mobil yang sudah dipasangi sensor milik Aurora. Kemudian pengujian lainnya adalah latihan pengereman. Dalam uji kali ini, mobil harus berada di belakang sepeda motor.

Tujuannya agar mobil yang dikendarai secara otomatis mampu melakukan pengereman dengan baik. Alhasil mobil dapat membaca kendaraan di sekitar dengan otomatis. Pengereman pada mobil masih perlu diperhatikan. Yaitu agar tidak selalu dilakukan secara mendadak. Temuan ini diyakini mampu mengurangi potensi kecelakaan di jalan raya.

Belum bisa dipastikan kapan teknologi ini akan disematkan pada mobil otonom. Meski di beberapa negara mobil jenis ini mulai banyak diminati karena mampu menghilangkan kejenuhan saat berkendara. Seperti diketahui, mobil otonom yang saat ini dikembangkan masih banyak kekurangan khususnya untuk urusan keselamatan.

Beberapa kasus yang terjadi, mobil tidak mampu "membaca" atau melakukan identifikasi atas benda di sekitar kendaraan dan menyebabkan kecelakaan.