Produksi Mini Elektrik, BMW Gandeng Great Wall Motors

"Pembangunan pabrik diketahui akan dimulai antara 2020 - 2022"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-BMW Group menggandeng produsen otomotif Tiongkok, Great Wall Motors, akan memproduksi mobil ikonik Mini bertenaga listrik, Mini Electric di Tiongkok. Pabrik untuk memproduksi mobil Mini listrik itu akan dibangun di Kota Zhangjiagang, Provinsi Jiangsu, demikian ditulis dalam pernyataan resmi  BMW Group.

Pembangunan pabrik diketahui akan dimulai antara 2020 - 2022. Dua perusahaan telah membentuk sebuah perusahaan patungan bernama Spotlight Automotive Limited, dengan total investasi mencapai 650 juta euro atau sekitar Rp 10 triliun. Pabrik itu akan memproduksi 160.000 mobil per tahun.

Selain memproduksi mobil Mini listrik, BMW mengatakan usaha patungan itu juga akan mengembangkan baterai kendaraan listrik. "Perusahaan patungan ini akan memproduksi sejumlah besar mobil bermerek Mini bermesin listrik untuk pasar dunia," kata Nicolas Peter, salah satu petinggi BMW Group, sembari menambahkan bahwa kemitraan dengan Great Wall menunjukkan pentingnya pasar otomotif Tiongkok.

Mobil Mini Electric sendiri sudah diproduksi di Oxford, Inggris. Mobil itu rencananya mulai dijual pada Maret 2020. Penjualan mobil listrik dunia pada 2018, menurut badan energi internasional (IEA), telah mencapai 1,98 juta unit. Pasar mobil listrik terbesar masih dipegang China, dengan pangsa pasar lebih dari 1 juta unit pada 2018.

Langkah BMW ini menyusul kerja sama antara Toyota dan BYD, juga rakasasa otomotif China, untuk mengembangkan mobil listrik. Pengumuman kerja sama ini disampaikan pada awal November lalu.