Ini Cara Sederhana Sembunyikan Bookmark di Chrome

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Banyak orang dengan alasan tertentu ingin menyembunyikan halaman web yang di-bookmark dalam Google Chrome. Meskipun Chrome tidak memungkinkan pengguna menyembunyikan bookmark secara langsung, ada beberapa metode yang bisa dilakukan.

Dilansir dari Make Tech Easier, berikut cara menyembunyikan bookmark di Google Chrome:

Sembunyikan bilah bookmark

Baca Juga

Buka browser Chrome dan pilih bilah bookmark yang berada di bawah bilah alamat di bagian atas layar. Klik kanan pada bilah tersebut. Pengguna akan melihat menu drop-down. Gulir ke bawah hingga melihat opsi Tampilkan Bilah Bookmark. Ketuk opsi ini sehingga tanda centang menghilang untuk menyembunyikan bookmark.

Jika pengguna ingin menampilkan kembali bilah bookmark, klik pada tiga titik di sudut kanan atas broswer. Dari menu drop-down, ketuk opsi Bookmark, dan dari menu baru pilih Tampilkan Bilah Bookmark. Pengguna juga dapat menggunakan pintasan Ctrl + Shift + B.

Sembunyikan di folder lain

Chrome mengklasifikasikan bookmarknya ke dalam folder terpisah yang terlihat di bilah bookmark dapat diberi nama sesuai dengan kategori, seperti kantor, penelitian, dan sebagainya. Pengguna dapat mengubah lokasi bookmark ke folder baru agar tidak mudah ditemukan.

Untuk melakukannya, klik kanan pada bookmark, dan dari menu drop-down pilih Edit. Dari menu pop-up yang muncul, pilih folder bookmark yang ingin pengguna pindahkan, klik Simpan.

Mengirimnya ke ponsel

Terakhir, jika pengguna khawatir orang lain dapat melihat bookmark, pengguna dapat mengirim bookmark atau folder bookmark ke ponsel melalui akun Google pribadi pengguna. Dengan cara ini, bookmark tidak akan lagi muncul di browser Chrome di PC tetapi masih tersimpan di ponsel. Untuk melakukannya, buka bilah bookmark > klik kanan dari menu drop-down > pilih opsi Pengelola Bookmark. Pada halaman baru yang terbuka, cut bookmark atu folder bookmark dan paste di dalam folder berjudul Mobile bookmarks dengan mengklik tiga titik di sebelah setiap bookmark dan folder.

Baca Juga

Editor: Ramadhani