Tak Puas dengan Qualcomm, Apple Produksi Antena 5G Sendiri

Apple
Apple (net)

KLIKPOSITIF - Apple dilaporkan tidak puas dengan komponen antena 5G yang dibuat oleh Qualcomm. Akibatnya kini Apple sedang berupaya untuk memproduksi sendiri komponen tersebut untuk iPhone 12.

Apple disebut menolak dengan tegas desain antena QTM 525 5G yang ditawarkan oleh Qualcomm. Menurut mereka, desain itu tidak pas dengan ramping yang diusung oleh iPhone nantinya. Walaupun desain antena ini ditolak, tapi Qualcomm masih akan tetap menyediakan chip 5G untuk iPhone 12.

Di tengah banyaknya gangguan jadwal produksi akibat Corona, desain buatan Apple ini mungkin hanya akan dijadikan cadangan. Artinya masih ada kemungkinan kalau iPhone 12 nanti tetap akan menggunakan antena 5G buatan Qualcomm.

Baca Juga

Sebagai konsekuensinya, ukuran iPhone 12 nanti diperkirakan akan sedikit lebih tebal. Bicara soal antena buatan Apple , sebenarnya ada hal buruk yang sempat terjadi di masa lalu. Dulu, Apple juga sempat membuat antena secara mandiri untuk iPhone 4.

Sayangnya antena buatan sendiri ini justru sering mengakibatan panggilan terputus dan sejumlah masalah lain jika posisi antena terhalangi. Yang terbaru, Fast Company melaporkan kalau desain antena buatan Apple ini membtuhkan daya dua kali lebih banyak dari model antena sejenis. Padahal jumlah sinyal radio yang dihasilkan sama saja.

Sebagai catatan, antena mmWave untuk 5G memang lebih sulit daripada membuat antena untuk jaringan lain. Antena jenis ini diharuskan untuk mengirim dan menerima sinyal frekuensi yang lebih tinggi. Tahun ini Apple diharapkan bisa merilis lebih dari satu model iPhone yang mendukung 5G. Selain lini iPhone 12 mendatang, seri iPhone murah bulan Maret nanti juga diharapkan sudah mendukung jaringan internet cepat ini.
Baca Juga

Editor: Ramadhani