Selama 2019 Apple Music Tumbuh 36%

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Apple Music mengalami peningkatan jumlah pelanggan. Data yang dihimpun Counterpoint menunjukkan pada 2019, basis pelanggan Apple Music tumbuh sebesar 36%.

Dari total angka tersebut, sebanyak 19% merupakan pelanggan berbayar dan sisanya bukan. Selain itu jumlah pelanggan, Apple Music juga mengalami peningkatan dari segi revenue sharing.

baca juga: iPhone 11 Dinobatkan Sebagai Ponsel Pintar Terpopuler di Dunia

Layanan streaming musik ini meraih 24% total revenue sharing selama 2019. Hal ini dapat menjadi salah satu bukti nyata bahwa Apple Music menunjukan pertumbuhan yang perlahan namun pasti.

Analis Counterpoint, Abhilash Kumar mengatakan bahwa Apple Music membuat sejumlah inovasi dalam layanannya. Seperti misalnya dukungan dark mode, playlist yang dikurasi untuk menargetkan segmentasi tertentu, dan fitur-fitur lainnya.

baca juga: Miliran Ponsel Android Berpotensi Diretas

Hal tersebut yang membuat Apple Music mampu meraih peningkatan revenue dan pelanggan. Pencapaian tersebut menempatkan Apple Music di urutan kedua sebagai layanan streaming musik paling populer. Apple Music mampu mengungguli beberapa layanan lain seperti Amazon Music, Tencent Music, dan Youtube Music.

Namun, layanan streaming musik milik Apple ini masih belum mampu mengalahkan pencapaian Spotify. Walaupun berada di peringkat kedua, jika dilihat dari sisi jumlah pelanggan berbayar, statistik menunjukan perbedaan jarak yang cukup jauh.

baca juga: Activision Blizzard Akan Rilis Game Call of Duty Baru

Spotify memiliki 35% pelanggan berbayar dengan total revenue sharing yang didapat sebesar 31%. Apple Music wajib berusaha lebih keras lagi jika ingin meruntuhkan dominasi Spotify dalam industri layanan streaming musik.

Editor: Ramadhani