Studi: Pengguna Smartphone di Inggris Hanya Akses Layanan 4G Separuh Waktu Rata-rata

Ilustrasi
Ilustrasi (stelladoradus.com)

KLIKPOSITIF – Pengguna smartphone di Inggris hanya dapat mengakses layanan data 4G separuh waktu rata-rata, menurut sebuah laporan terbaru oleh OpenSignal dan pengawas konsumen, Which.

Dilansir dari BBC, dari empat konektivitas jaringan telekomunikasi Inggris, opertor EE dilaporkan memiliki konektivitas 4G terbaik, sementara untuk operator 3 (Three) memiliki konektivitas terburuk.

Namun, para peneliti menemukan bahwa jaringan Three juga memiliki kecepatan unduh tercepat saat terhubung ke jaringan 4G.

Sebagaimana diketahui, Three merupakan operator terakhir yang meluncurkan jaringan 4G pada akhir tahun 2013 di Inggris dan operator tersebut mengatakan kepada BBC, mereka akan terus memperluas jaringan 4G setiap harinya.

"Hampir setiap orang saat ini menggunakan layanan telepon seluler dan hal tersebut tidak didukung cukup baik. Pada kenyataannya, Inggris tertinggal cukup jauh dari beberapa negara dengan cakupan jaringan 4G," kata Richard Lloyd, Direktur Eksekutif Which.

Perusahaan tersebut menyebutkan, ada beberapa catatan laporan mengenai operator O2, yang memiliki kecepatan konektivitas 3G dan 4G tertinggi - dihitung dari jumlah waktu penggunaan data yang dibutuhkan untuk perjalanan sepanjang jaringan. Hal ini diukur dalam milidetik.

Perusahaan tersebut telah berkomitmen untuk berinvestasi pada pengembangan jaringan seluler. Tahun lalu, operator EE meluncurkan tiga tahun rencana investasi jaringan sebesar 1.5 miliar poundsterling atau setara dengan 29 triliun rupiah. Hal ini meliputi perluasan jaringan 4G dan komitmen untuk mencapai 99% dari jumlah populasi dengan "4G berkecepatan super cepat".

Akan tetapi, penyedia ponsel menghadapi beberapa permasalahan pada perencanaan saat membuat infrastruktur yang diperlukan, kata analis Kester Mann dari CCS Insight.

"Jaringan operator tetap bersikukuh bahwa mereka telah berinvestasi jutaan pound setiap hari pada cakupan dan kapasitas jaringan mereka untuk memenuhi permintaan tak terpuaskan untuk layanan data seluler di kalangan konsumen Inggris," katanya.

Mereka juga akan membatasi perencanaan yang sangat tidak memungkinkan tiang-tiang tinggi untuk menyediakan cakupan yang lebih luas. Tantangan tersebut diakui dalam Anggaran George Osborne baru-baru ini.

"Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun Inggris adalah pasar terkemuka dalam penerimaan layanan 4G, namun, masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam jaringan yang telah tersedia," tambahnya.

Penerjemah: Luthfi Indra Yudha

Baca Juga

Penulis: Elvia Mawarni