Tahun 2017 Mobil Self-Driving Volvo Akan Ujicoba di Jalanan London

Self-driving pabrikan Swedia, Volvo
Self-driving pabrikan Swedia, Volvo (http://gadgets.ndtv.com/)

KLIKPOSITIF -- Produsen mobil pabrikan Swedia, Volvo , telah mengumumkan akan memberikan mobil self driving ke penduduk Inggris untuk diuji di jalan-jalan London. Kabarnya mobil ini akan mulai beroperasi pada awal 2017.

Mobil yang disebut kendaraan mandiri (AD) ini seharusnya semi-otonom dengan menguji versi driverless yang lebih canggih. Namun, teknologi driverless ini akan diterapkan pada 2018.

baca juga:

"Drive Me London akan dimulai pada awal 2017 dengan jumlah mobil semi-mandiri yang terbatas dan diperluas pada 2018 untuk mencakup hingga 100 mobil AD, sehingga menjadi program uji coba AD terbesar dan paling luas di jalanan Inggris," kata pihak Volvo .

Mobil semi-otonom self-driving akan membawa penumpang ke tujuan pilihan mereka tanpa campur tangan manusia kecuali adanya kondisi yang sangat berbahaya karena cuaca buruk, lanjut pihak Volvo .

baca juga:

Di tahun 2014, teknisi Volvo telah mulai melakukan percobaan di Gothenburg. Tahun depan, Volvo akan memberikan sejumlah mobil semi AD untuk umum di Gothenburg untuk diuji coba.

Mobil besukan Volvo ini akan menerima data melalui sistem kamera 360 derajat, GPS dan sensor yang bertindak sebagai mata dan telinga untuk menavigasi agar tetap terjaga keamanan dan menghindari tabrakan.

baca juga:

Namun, mobil self-driving ini menimbulkan permasalahan hukum, yakni mengenai orang yang bertanggungjawab, selama ini selalu ditanggungkan kepada sopir. Volvo , Google, Ford, Uber dan Lyft merupakan anggota pendiri koalisi Self-Driving ikut mendorong untuk bersatunya hukum AS terkait mobil self-driving sehingga membantu mempromosikan teknologi.

Volvo , perusahaan yang 100 persen sahamnya dimiliki oleh produsen Cina Geely, juga mencari mitra untuk kota Cina guna memperluas pengujian ke pasar mobil dunia. Volvo menyatakan mobil self-driving akan meningkatkan masa transportasi, kenyamanan pengemudi, mengurangi kemacetan lalu lintas, polusi dan kecelakaan.

baca juga:

[Penerjemah: Jefri Rajif]

Penulis: Qalbi Salim