100 Juta Pengguna Terdampak Akibat Pemblokiran WhatsApp oleh Pemerintah Brazil

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Hakim Brasil memerintahkan operator telepon nirkabel untuk memblokir akses ke WhatsApp selama 72 jam di seluruh negeri terbesar di Amerika Latin itu pada hari Senin. Ini adalah langkah kedua dalam melawan aplikasi messaging populer itu dalam lima bulan.

Dilansir dari India Today, keputusan hakim di timur laut negara bagian Sergipe itu berlaku untuk lima operator nirkabel utama di Brazil dan mempengaruhi lebih dari 100 juta pengguna WhatsApp di negara itu. Alasan untuk perintah pemblokiran ini belum diketahui karena kerahasiaan hukum dalam kasus yang sedang berlangsung di pengadilan negara Sergipe.

baca juga: Hacker Bisa Bobol Akun WA, Begini Proses Serangannya

Dalam sebuah pernyataan, WhatsApp mengatakan perusahaan itu "kecewa pada keputusan" setelah melakukan yang terbaik untuk bekerja sama dengan pengadilan Brasil.

"Keputusan itu menghukum lebih dari 100 juta pengguna yang bergantung pada kita untuk berkomunikasi, menjalankan bisnis mereka dan lebih dari itu, hanya untuk memaksa kita menyerahkan informasi yang tidak kita miliki," kata pernyataan itu, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

baca juga: WhatsApp Sedang Kerjakan Fitur untuk Mudahkan Pemindahan History Chat

Ini adalah kedua kalinya sejak pertengahan Desember di mana layanan pesan teks dan suara menjadi target perintah pemblokiran. Seorang hakim negara bagian São Paulo sebelumnya memerintahkan layanan Facebook ditutup selama 48 jam pada 15 Desember, setelah Facebook gagal mematuhi perintah.

Eksekutif di lima operator - Telefonica Brasil SA, América Móvil SAB ini Claro, TIM Participacoes SA, Oi SA dan Nextel Participacoes SA - belum bersedia berkomentar.

baca juga: Siapkan Fitur Baru WhatsApp Uji Playback Speed

Penerjemah: Puti Lara

Penulis: Elvia Mawarni