Android 10 Resmi Dirilis, Ini Daftar Smartphone yang Mendapat Pembaruan

Android 10
Android 10 (net)

KLIKPOSITIF -- Google resmi merilis sistem operasi Android 10 atau yang sebelumnya disebut dengan Android Q. Sistem operasi Android generasi selanjutnya ini telah diperkenalkan dalam gelaran Google I/O beberapa bulan lalu.

Dilansir dari Expert Reviews, beberapa smartphone milik Google dapat mengunduh pembaruan sistem operasi tersebut. Smartphone yang akan mendapat pembaruan antara lain Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, dan Pixel 3a XL.

baca juga: Ini Cara Sinkronasi Bookmark Chrome di PC dan Android

Untuk memperbarui sistem operasi tersebut pengguna dapat mengaksesnya melalui Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem. Pembaruan sistem operasi Android 10 ini membawa perubahan signifikan, termasuk fungsi gesture yang memungkinkan pengguna kembali dengan menggesek ke dalam dari sisi kiri atau kanan perangkat.

Selain itu, terdapat focus mode yang memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan aplikasi tertentu untuk meningkatkan konsentrasi. Pembaruan lainnya adalah pengenalan tema gelap atau dark mode bawaan. Beberapa perusahaan pihak ketiga seperti Huawei telah memperkenalkan mode gelap untuk perangkatnya masing-masing, tapi ini pertama kalinya Android dibekali dark mode bawaan.

baca juga: Ingin WhatsApp Web Tampil Dark Mode, Ini Caranya

Sementara itu, masih belum ada kepastian kapan Android 10 akan dirilis ke perangkat Android lainnya. Umumnya, pembaruan sistem operasi Android berbeda-beda tergantung pada perangkat, mulai dari beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Namun, jika pengguna Android menggunakan handset yang lebih lama, kemungkinan tidak akan pernah mendapatkan pembaruan sistem operasi terbaru ini. Seperti diketahui, beberapa waktu silam Android 10 baru memasuki versi beta 6 yang berarti fase terakhir sebelum dirilis versi meta. (*)

baca juga: Ini Dua Cara Cadangkan Kontak di Perangkat Android

Berikut perangkat yang bisa mencicipi versi beta tahap akhir ini:
- Google Pixel
- Google Pixel XL
- Google Pixel 2
- Google Pixel 2 XL
- Google Pixel 3
- Google Pixel 3 XL
- Google Pixel 3a
- Google Pixel 3a XL
- Asus Zenfone 5Z
- Essential Phone
- Huawei Mate 20 Pro
- LG G8
- Nokia 8.1
- OnePlus 6T
- Oppo Reno
- Realme 3 Pro
- Sony Xperia XZ3
- Techno Spark 3 Pro
- Vivo X27
- Vivo Nex S
- Vivo Nex A
- Xiaomi Mi 9
- Xiaomi Mi Mix 3 5G.

dari berbagai sumber

baca juga: Siri Mendapat Sejumlah Fitur Baru Pada iOS 14

Penulis: Agusmanto