Bukan Baterai, Energizer Meluncurkan 2 Ponsel Baru dengan Harga Murah

Energizer phone
Energizer phone (net)

KLIKPOSITIF -- Menyambut IFA 2019 yang berlangsung di Berlin, Energizer mengonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan dua ponsel baru. Kedua ponsel masuk ke dalam segmen entry-level dengan membawa KaiOS. Perusahaan telah resmi mengenalkan Energizer E241 dan Energizer E241S yang pada dasarnya adalah perangkat dengan seri sama.

Perbedaannya hanyalah pada segi konektivitas saja. Energizer E241 membawa konektivitas 3G dan Energizer E241S membawa konektivitas 4G. Kedua ponsel tersebut menjalankan KaiOS, platform ponsel yang menjembatani kesenjangan antara ponsel bodoh atau "dumb phone" dan ponsel pintar atau "smartphone".

baca juga: Ini Cara Sinkronasi Bookmark Chrome di PC dan Android

KaiOS merupakan sistem operasi ponsel yang digunakan juga pada ponsel remake seperti Nokia 8110. Energizer E241 dan Energizer E241S telah dibekali juga dengan aplikasi WhatsApp. Kedua ponsel baru ini menyusul ponsel lainnya yang telah mendukung WhatsApp di perangkat KaiOS seperti Cat B35, Doro 7060, JioPhone, JioPhone 2, MTN Smart, Nokia 8110 (HMD Global) dan Orange Sanza.

KaiOS memiliki pra-instal aplikasi yang umum digunakan seperti WhatsApp, YouTube, Facebook, Google Assistant, dan Google Maps. Selain itu, KaiStore menawarkan lebih banyak aplikasi lain untuk dipilih. Ponsel Energizer ini memiliki keyboard T9 tradisional dan layar 2,4 inci.

baca juga: Ingin WhatsApp Web Tampil Dark Mode, Ini Caranya

Perangkat mempunyai dukungan dual-SIM, Wi-Fi, GPS, dan baterai 1.900 mAh. Baterainya diklaim dapat memberi tenaga pada ponsel selama 6 hari stanby, 28 jam panggilan, dan 9 jam pemutaran video. Ponsel ini hanya menyasar pengguna yang membutuhkan aplikasi pesan instan harian tanpa menggunakan smartphone berlayar jumbo.

Jadi jangan berharap pada kameranya yang mungkin disematkan hanya untuk "formalitas" saja. Dikutip dari GSM Arena, Energizer E241 dibanderol dengan harga 29.99 euro atau Rp 470 ribu sementara Energizer E241 dapat dibeli seharga 34,99 euro atau Rp 550 ribu.

baca juga: Ini Dua Cara Cadangkan Kontak di Perangkat Android

Ponsel baru Energizer yang diluncurkan menjelang IFA 2019 ini dikabarkan akan dijual pertama kali di Eropa namun masih belum diketahui apakah akan tersedia secara global. (*)

sumber: HiTekno

baca juga: Siri Mendapat Sejumlah Fitur Baru Pada iOS 14

Penulis: Agusmanto