Kominfo Luncurkan Simonas, Platform Online untuk Pencari Kerja

Aplikasi Simonas, untuk para pencari kerja.
Aplikasi Simonas, untuk para pencari kerja. (net)

KLIKPOSITIF -- Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ) pada Kamis (5/9), meluncurkan platform online khusus untuk pencari kerja di bidang teknologi informatika bernama Simonas. "Indonesia, mulai dari tahun 2015-2016, membutuhkan sekitar 9 juta talenta digital," kata Menteri Kominfo Rudiantara saat acara peresmian di Jakarta.

Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertifikasi atau Simonas, merupakan platform untuk mempertemukan tenaga dalam bidang teknologi informatika dengan perusahaan. Pengguna dapat bergabung ke platform ini sebagai pencari kerja atau pencari tenaga kerja.

baca juga: Ini Cara Sinkronasi Bookmark Chrome di PC dan Android

Sama seperti platform pencarian kerja lainnya, pencari kerja dapat mengunggah profil dan curriculum vitae di Simonas dan mendaftar ke perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja sesuai dengan keahlian mereka. Sementara bagi industri, mereka dapat memberikan informasi mengenai talenta seperti apa yang mereka butuhkan di perusahaan.

Kepala Badan Litbang SDM Kominfo , Basuki Yusuf Iskandar, menyatakan saat ini ada sekitar 50 perusahaan yang bergabung dengan platform Simonas. Platform ini tidak hanya dapat digunakan oleh alumni program digital talent Kominfo , publik juga dapat mendaftar sebagai pencari kerja di Simonas.

baca juga: Ingin WhatsApp Web Tampil Dark Mode, Ini Caranya

Sayangnya, berdasarkan pantauan, Simonas baru tersedia dalam versi desktop dan belum memiliki versi mobile atau dalam bentuk aplikasi di ponsel pintar. (*)

sumber: Suara.com

baca juga: Karyawan Semen Padang Lahirkan Aplikasi Japuik Anta yang Diimplementasikan di SIG Group dan Mampu Menekan Biaya Rp1,4 M

Penulis: Agusmanto