Indosat Ooredoo Beri Kesempatan Mahasiswa dan Pelajar Padang Belajar Coding

Peluncuran program IDCamp Indosat Ooredoo di Universita Andalas
Peluncuran program IDCamp Indosat Ooredoo di Universita Andalas (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi di Indonesia, Indosat Ooredoo memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan pelajar Kota Padang untuk belajar Coding. Program ini dinamakan dengan Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) yang telah dibuka di Universitas Andalas, Rabu 11 September 2019 siang.

Program yang diluncurkan sejak Agustus lalu, telah mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi dari masyarakat. Di Kota Padang sendiri, saat pembukaan, sudah ada 200 orang peserta yang mendaftar untuk dalam program CSR dari Indosat .

baca juga: Tetap Pakai Protokol COVID-19, Ini Lokasi Salat Idul Adha di Kota Padang

Senior Vice President – Head of Regional Sumatera Indosat Ooredoo, Eric Danari mengatakan, program IDCamp ini dilakukan untuk mendorong tumbuh kembang Sumber Daya Manusia (SDM) di dunia industri digital .

"Kami sangat senang melihat antusiasme para generasi muda Indonesia terhadap program IDCamp yang menunjukkan bahwa program ini sesuai dengan kebutuhan mereka. Lewat program ini kami harapkan SDM lokal kita bisa bersaing dalam percaturan ekonomi digital di masa mendatang," katanya pada KLIKPOSITIF .

baca juga: Cuaca Ekstrem, BPBD Imbau Masyarakat Waspadai Bencana

Ia menjelaskan, secara nasional peserta IDCamp didominasi oleh peserta yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa dengan persentase sekitar 65% dari total pendaftar.

"Dunia coding juga semakin diminati oleh peserta bahkan sejak usia siswa SMP, dimana IDCamp menerima peserta dengan pendidikan terakhir SMP/MTS sebanyak 3%, SMA/SMK dengan 49%, dan perguruan tinggi sebanyak 47% dari total peserta," papar Eric.

baca juga: BMKG: Hari Ini Padang Hujan Sore Hingga Malam Hari

Dengan membawa tagline: Kuasai Bahasa Masa Depan, Hari ini! peserta IDCamp tidak terbatas pada gender dan kondisi fisik seseorang. Peserta perempuan tercatat cukup tinggi sebesar 20% dari total pendaftar. "Begitu pun dengan penyandang disabilitas yang mencapai 2% dari total peserta," ujarnya lagi.

Sementara itu, Asistent Vice President Indosat Ooredoo Kota Padang , Martoni menyebutkan peserta yang beruntung mendapatkan beasiswa IDCamp ini nantinya akan diorbitkan ke perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang industri digital .

baca juga: Bappeda: Pembangunan Gedung Baru DPRD Padang Direncanakan Tahun Depan

"Kami membantu mereka untuk bisa bersaing. Tidak menutup kemungkinan nanti, lulusan program ini bisa bekerja di Indosat atau perusahaan lain yang bergerak di bidang industri digital . Hari ini, kami ingin menjawab tantangan masa depan dengan antusiasime yang diberikan oleh masyarakat," pungkasnya kemudian.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa