Mengenal Kormo, Ini Fitur Aplikasi Pencari Kerja Milik Google

Kormo
Kormo (net)

KLIKPOSITIF -Google telah merilis aplikasi bernama Kormo. Aplikasi ini secara sederhana bisa dipahami sebagai platform bursa kerja yang fokus untuk mengembangkan karier para fresh graduate.

Aplikasi ini memiliki sejumlah fitur. Sebelum menggunakan aplikasi ini ada baiknya pengguna mengetahui fitur yang ada di Kormo. Berikut fitur-fiturnya:

baca juga: Microsoft Beri Teknologi Baru Pada Platform Pertemuan Virtualnya

CV Digital

Kormo memiliki fitur CV Digital yang secara otomatis akan membuatkan CV dalam format digital secara cepat, praktis, dan gratis, berdasarkan data yang diisi pengguna pada laman profil. Pengguna juga bisa menghubungkan Kormo dengan akun Google mereka, kemudian mengisi informasi diri di menu Profil yang juga akan berfungsi sebagai CV. Pada form ini, pengguna hanya perlu mencantumkan misi, minat, dan beberapa detail pribadi mereka. Agar privasi resume pengguna terjaga, mereka juga bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat informasi CV tersebut. Bagian paling menarik, pengguna pun bisa membagikan profil secara online dan mengunduhnya sebagai CV yang bisa langsung dicetak untuk diserahkan ke pihak perusahaan.

baca juga: Ingin WhatsApp Web Tampil Dark Mode, Ini Caranya

Rekomendasi Pekerjaan yang Personal

Google memahami bahwa mencari dan memilah lowongan pekerjaan yang cocok bukanlah perkara yang mudah bagi pencari kerja. Oleh karena itu, Kormo menggunakan machine learning untuk memberikan rekomendasi lowongan pekerjaan yang disesuaikan dengan minat, skill, dan resume pengguna.

baca juga: Ini Dua Cara Cadangkan Kontak di Perangkat Android

Fitur Pelajari

Melalui fitur ini, Kormo turut membantu para pencari kerja untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Fitur Pelajari menyediakan pembelajaran dalam bentuk video dan artikel. Setelah pengguna selesai belajar, mereka akan mendapatkan badge yang bisa dilihat oleh para pemberi kerja, untuk menunjukkan keterampilan, pengetahuan, dan keseriusan mereka untuk bekerja.
Sedangkan untuk konten videonya, Kormo bekerja sama dengan pembuat konten YouTube Hujan Tanda Tanya untuk menyediakan konten pengembangan dan pelatihan keterampilan profesional yang sesuai dengan karakter orang Indonesia.

baca juga: Siri Mendapat Sejumlah Fitur Baru Pada iOS 14

Seleksi Kerja Transparan

Pada menu Lamaran, Kormo memberikan informasi secara real-time mengenai informasi baru pada setiap tahapan seleksi yang akan dilalui. Jadi, pencari kerja akan diberi tahu saat lamaran mereka sudah dibaca, saat dipanggil wawancara, hingga saat pengumuman akhir diberikan. Sementara dari sisi perusahaan, pemberi kerja pun akan menerima notifikasi ketika lamaran pekerjaan yang mereka unggah ke Kormo telah dibaca dan ditanggapi oleh para pencari kerja.

Badge

Kormo akan memberikan badge jika ada keterampilan baru yang telah dipelajari pelamar kerja. Nah, badge ini pun bisa ditampilkan dalam profil mereka. Badge ini diharapkan Google mampu meningkatkan peluang pencari kerja, memperbesar skor kesesuaian mereka, dan menyediakan lowongan kerja yang lebih relevan.

Penulis: Ramadhani