Gunakan Bahan Bakar Oktan Tinggi Sering Dianggap Mampu Bersihkan Mesin, Ini Faktanya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan oktan yang lebih tingg sering dianggap bisa membersihkan ruang bakar mesin pada sepeda motor .

Hal ini biasanya dilakukan dalam jangka tertentu. Contohnya ketika sepeda motor biasa menggunakan BBM Pertalite untuk harian, namun pengguna sengaja menggantinya ke Pertamax sekadar membersihkan. Selanjutnya oktan BBM kembali diturunkan pada pemakaian harian sesudah penggantian sementara itu.

baca juga: Masalah Pada Pompa Bahan Bakar, Mazda Recall Puluhan Ribu Mobil

Pertanyaannya, apakah cara ini tepat dilakukan? Menurut Technical Service Division PT Astra Honda Motor , Endro Sutarno, hal ini tidak ada dalam aturan servis. "Sebenarnya di aturan servis tidak ada," papar Endro Sutarno dilansir dari Suara.com.

Dia menjelaskan jika pengaruh ke performa mungkin ada. Karena pemakaian bahan bakar yang direkomendasi pabrikan sudah cukup. "Kalau bisa membersihkan ruang bakar saya belum pernah meneliti," ujar Endro Sutarno lagi.

baca juga: Sertifikat Halal, Sri Mulyani Minta Jangan Bebani Industri

Namun ia menyarankan sebaiknya penggunaan BBM dilakukan secara konsisten. Terlebih mengikuti yang sudah ditentukan oleh pabrikan, karena memang sudah ada perhitungannya.

"Kalau percaya sistem seperti itu (menaikkan oktan BBM) tidak masalah. Tapi jangan sampai dicampur saja," tutup Endro Sutarno

baca juga: Dirilis di Masa Pandemi, Piaggio Jual Vespa Primavera Sean Wotherspoon Rp85 Juta

Editor: Ramadhani