Seri iPhone 12 Dirilis, Apple Kini Tak Lagi Sertakan Charger dan EarPods dalam Pembelian

iPhone 12
iPhone 12 (net)

KLIKPOSITIF - Apple telah mengenalkan seri iPhone 12 pada Apple Event Oktober 2020. Dalam seri ini terdapat sejumlah varian mulai dari iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max.

Semua iPhone 12 series dijual hanya dengan kelengkapan kabel USB-C to Lightning saja. Tidak ada lagi EarPods dan USB-C Power Adapter dalam paket kemasan penjualan. Alasan yang disampaikan oleh Lisa P. Jackson (VP of Environment, Policy and Social Initiatives di Apple ) adalah langkah ini menjadi salah satu upaya Apple untuk menjadi perusahaan yang bebas limbah karbon secara total di tahun 2030.

baca juga: Hewan Kecil Ini Miliki Kelebihan yang Jadi Contoh Untuk Pengembangan Proyek Kendaraan, Apa Itu?

Apple berharap bawah perubahan ini akan mengurangi lebih dari 2 juta metrik ton emisi karbon setiap tahun. Yaitu setara dengan menghilangkan hampir 450.000 mobil dari jalan raya per tahun. Selain mengurangi limbah, efek lainnya adalah memungkinkan pengemasan yang lebih kecil dan lebih ringan. Sehingga di bagian pengiriman, memungkinkan 70 persen lebih banyak kotak dalam volume palet yang sama.

Namun ternyata selain iPhone 12 series, kini semua iPhone yang dipajang di Apple .com juga sudah tidak mendapatkan charger dan EarPods. Yaitu iPhone SE 2020, iPhone 11 dan juga iPhone XR. Ketiganya hanya mendapatkan kelengkapan berupa USB-C to Lighting Cable seperti di iPhone 12 series.Sebelumnya iPhone SE 2020, iPhone 11 dan juga iPhone XR masih mendapatkan kelengkapan berupa 5W USB Power Adapter, EarPods Lighting dan kabel USB to Lightning. Namun karena kebijakan baru di iPhone 12 series, akibatnya semua iPhone lainnya juga kehilangan 2 aksesoris bawaan tersebut.

baca juga: Apple Disebut Belum Rilis AirPods 3 dan AirPods Pro 2 Tahun Ini

Bahkan dengan hilangnya 2 aksesoris tersebut, perangkat iPhone SE 2020 tidak mendapatkan penurunan harga. Ketika di cek di Apple .com, iPhone SE 2020 masih dijual di harga lawas yaitu mulai dari $399. Namun untuk iPhone 11 dan iPhone XR mendapat penyesuaian harga yaitu mulai dari $599 dan $499.

Editor: Ramadhani