Gaji Tak Dibayar, Ribuan Buruh Pabrik Apple di India Mengamuk

Apple Store
Apple Store (net)

KLIKPOSITIF - Buruh pabrik iPhone di India membuat kerusuhan di sekitar area pabrik. Hal ini terjadi lantaran para buruh tersebut dilaporkan belum mendapat gaji selama empat bulan.

Dilansir dari Times of India, kerusuhan terjadi di pabrik rekanan Apple asal Taiwan, Wistron. Para buruh menghancurkan jendela dan membakar kendaraan sebagai bentuk protes atas ketidakadilan yang diterima.

baca juga: Baca Alquran Pakai HP, Bagaimana Hukumnya?

Diketahui, selain gaji yang belum turun, mereka juga mengalami pengurangan gaji selama beberapa bulan terakhir. Tak hanya itu, para buruh juga kabarnya dipaksa untuk menjalani shift tambahan. Situasi kerusuhan pun sempat terekam oleh kamera amatir yang tersebar di media sosial.

Terlihat, pecahan kaca berserakan dan sejumlah kendaraan roda empat terguling. Berdasarkan laporan pejabat setempat, polisi saat ini tengah mengusut insiden tersebut. Sebanyak 2,000 pekerja diketahui terlibat dalam aksi protes yang berujung rusuh itu.

baca juga: Facebook Beri Update, Kini Ada Fitur Schedule di Instagram Stories

Pihak Apple masih bungkam. Namun, perwakilan Wistron yang tak disebutkan namanya sempat berkomentar. Kepada Reuters, dia mengaku terkejut dengan kejadian tersebut. Menurutnya, kerusuhan disulut oleh orang-orang tak dikenal dan tidak memiliki niat yang jelas.

Ia juga menegaskan bahwa Wistron selalu mematuhi hukum dan mendukung polisi untuk melakukan penyelidikan. Apple mulai merakit iPhone di India pada 2017 silam. Salah satu seri iPhone yang dirakit di negeri Bollywood itu adalah iPhone SE 2020

baca juga: Tak Terima Aturan Baru dari WhatsApp, Ini yang Akan Terjadi Pada Akun Pengguna

Editor: Ramadhani