iPhone Lipat Apple Lewati Uji Ketahanan

ilustrasi: iPhone lipat atau iPhone Foldable
ilustrasi: iPhone lipat atau iPhone Foldable (net)

KLIKPOSITIF - Ponsel lipat yang sedang dikembangkan Apple terus menunjukkan perkembangan yang menjanjikan. Informasi terbaru, dua prototipe iPhone Foldable dikabarkan sukses melewati tahap uji coba ketahanan perangkat.

Dilansir dari laporan Economic Daily News menyebut, uji coba tersebut berfokus pada sistem engsel lipat yang akan digunakan pada iPhone Foldable. Uji cobanya sendiri dilakukan di pabrik rekanan Apple , Foxconn yang terletak di Shenzhen, China.

baca juga: Tidak Hanya Ponsel, Samsung Juga Punya Mesin Cuci Pintar

iPhone Foldable pertama yang diuji Apple adalah jenis HP dengan model dual-screen. Jenis tersebut sama persis dengan apa yang dikemukakan oleh analis teknologi, Jon Prosser pada Juni 2020 lalu.

Ia mengatakan bahwa model dual-screen menggunakan dua panel terpisah yang terhubung dengan engsel, seperti dikutip MacRumors. Meski begitu, Prosser mengklaim iPhone Foldable jenis ini mempunyai panel yang terlihat kontinu dan mulus.

Kemudian, untuk iPhone Foldable kedua yang memasuki tahap uji coba adalah HP berjenis clamshell foldable. Bagi yang belum tahu, clamshell foldable merupakan HP layar lipat yang mekanisme penggunaannya seperti kerang. Mudahnya, HP yang mengusung jenis clamshell foldable adalah Samsung Galaxy Z Flip dan Motorolla RAZR.Untuk jenis ini, Apple kabarnya akan mengandalkan layar OLED Samsung yang fleksibel. Bahkan, menurut laporan UDN, Apple telah memesan sampel tampilan ponsel lipat Samsung dalam jumlah besar.

baca juga: Baca Alquran Pakai HP, Bagaimana Hukumnya?

Dengan selesainya tahap uji coba ketahanan, saat ini Apple tentu sedang melakukan evaluasi untuk menentukan jenis HP Foldable mana yang akan digunakan. iPhone Foldable sendiri diperkirakan sudah siap dirilis pada 2022 atau 2023

Editor: Ramadhani