Meski Pakai Masker Face ID iOS 14.5 Mampu Deteksi Wajah Pengguna, Ini Caranya

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Apple resmi merilis sistem operasi iOS 14.5 versi beta untuk para developer. OS baru ini memudahkan pengguna membuka kunci perangkat iPhone menggunakan Face ID, meskipun mengenakan masker.

Fitur baru yang ada di iOS 14.5 Beta ini disebut "Unlock iPhone with Apple Watch". Untuk mengaktifkan fitur, kamu mesti memasangkan perangkat iPhone-nya dengan Apple Watch.

baca juga: Meski Diizinkan Pemerintah, MUI Sebut Lebih Baik Salat Idul Fitri di Rumah Saja

Sebelum membuka kunci ponsel, pastikan Apple Watch yang digunakan sedang dalam kondisi tidak terkunci. Dengan demikian, kamu bisa langsung mengarahkan wajahnya ke Face ID untuk membuka kunci iPhone mereka.

" Apple Watch harus berada di dekat Anda, di pergelangan tangan, dalam kondisi tidak terkunci dan dilindungi oleh kode sandi," kata Apple , dikutip dari Phone Arena, Selasa (2/2/2021).

baca juga: Kasus Covid-19 di India Makin Parah, Ahli Sebut Pemerintah Harus Tutup Pintu Masuk

Syarat lain yang mesti diperlukan yakni pengguna Apple Watch harus menggunakan sistem operasi watchOS 7.4 beta. Dengan ini, mereka tak perlu lagi melepas masker untuk membuka perangkat iPhone dengan Face ID.

Sebelumnya pada Maret 2020, pengguna iPhone mengeluhkan fitur Face ID tidak bisa digunakan ketika memakai masker. Alhasil, para pengguna ini mesti membuka perangkat dengan mengetik kata sandi.

baca juga: Pencarian Masih Lanjut, Kapal Selam Nanggala-402 Diduga dalam Posisi Diam

Untuk mengatasinya, Apple kemudian menambahkan fitur baru di iOS 13.5 pada Mei 2020. Setelahnya, Face ID bisa mendeteksi wajah pengguna yang memakai masker, lalu menampilkan layar kata sandi secara otomatis.

Editor: Eko Fajri