Baru Pindah dari WA ke Telegram, Ini Fitur Unggulan yang Harus Diketahui

Telegram
Telegram (net)

KLIKPOSITIF - Telegram mencatat 500 juta pengguna aktif selama minggu pertama Januari 2021. Peningkatan ini merupakan imnas dari kebijakan baru WhatsApp yang membuat banyak pengguna beralih.

Secara mekanisme, WhatsApp dan Telegram punya sistem yang hampir sama sebagai aplikasi chatting. Namun, dari segi fitur keduanya memiliki beberapa perbedaan. Setidaknya ada lima fitur unggulan Telegram dilansir dari Beebom yang harus diketahui pengguna baru.

baca juga: Baca Alquran Pakai HP, Bagaimana Hukumnya?

Secret Chat

Telegram Secret Chat

baca juga: Facebook Beri Update, Kini Ada Fitur Schedule di Instagram Stories

Pertama, Telegram mempunyai fitur unggulan bernama Secret Chat. Secara mekanisme, ruang obrolan di Secret Chat sama dengan ruang obrolan biasa. Namun, Secret Chat menyuguhkan sistem keamanan berlapis yang meminimalisir ruang obrolan disusupi.

Pada ruang obrolan biasa, Telegram menghadirkan sistem enkripsi antara pengguna dan server. Sedangkan Secret Chat menggunakan sistem enkripsi antar sesama pengguna. Fitur Secret Chat tidak tersedia untuk dipakai dalam waktu jangka panjang. Pengguna bisa mengaktifkan Secret Chat dengan pilihan durasi satu hari hingga satu minggu. Ketika durasi habis, maka ruang obrolan beserta isinya akan terhapus otomatis.Chat Folder dan Slow Mode

Telegram Messenger Folder

baca juga: Tak Terima Aturan Baru dari WhatsApp, Ini yang Akan Terjadi Pada Akun Pengguna

Masih seputar ruang obrolan, kali ini ada fitur bernama Chat Folder dan Slow Mode Chat Folder memungkinkan pengguna untuk memisahkan chat pribadi dan chat grup pada kolom yang berbeda. Sedangkan Slow Mode, memungkinkan admin untuk mencegah adanya pesan spam di dalam grup.

Telegram Messenger Slow Mode

baca juga: Dibanding Spotify, Apple Bayar Lebih Besar Royalti di Apple Music

Dengan Slow Mode, admin dalam sebuah grup dapat membuat waktu tunggu dari sebuah anggota untuk kembali mengirimkan pesan setelah durasi tertentu. Telegram tak hanya menjadi platform untuk berkirim pesan saja.

Salah satu fitur yang wajib diketahui adalah pengguna bisa mengirim beragam jenis dokumen dengan ukuran asli atau tanpa kompresi. Baik dalam bentuk foto, video, dokumen, rekaman suara dan file lainnya, semua bisa dikirim dengan kualitas terbaik. Cara menggunakan fitur tersebut, pengguna harus memilih dulu file yang ingin dikirim. Kemudian, klik ikon titik tiga yang tertera pada layar, dan pilih 'send without compression'. Sebagai tambahan, batasan maksimal ukuran sebuah dokumen untuk dikirim menggunakana metode ini adalah 2GB.

Multiple Accounts

Telegram Messenger Add Account

Terakhir, Telegram menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan lebih dari satu akun dalam satu aplikasi . Pengguna tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi tambahan atau dual apps. Cukup dengan klik opsi Add Account yang ada di bawah nama, maka pengguna sudah bisa menambahkan akun baru.

Editor: Ramadhani