Facebook Segera Rilis BARS, Aplikasi Baru Pesaing TikTok

Bars
Bars (net)

KLIKPOSITIF - Facebook bakal merilis aplikasi baru bernama BARS yang dikabarkan siap menjadi rival dan penantang terkini dari aplikasi populer TikTok.

BARS adalah sebuah aplikasi media sosial yang dapat merekam video berdurasi pendek dengan tambahan musik atau lagu sebagai pengiring.

baca juga: Baca Alquran Pakai HP, Bagaimana Hukumnya?

Berbeda dengan TikTok, musik atau lagu yang tersedia di aplikasi ini hampir semua bergenre rap atau hip hop.

Maka dari itu, aplikasi ini nantinya bakal menyediakan berbagai macam sumber-sumber lagu bergenre rap atau hip hop dari sejumlah musisi dan komposer lagu terkenal di dunia.

baca juga: Facebook Beri Update, Kini Ada Fitur Schedule di Instagram Stories

Selain itu, aplikasi ini bakal menyediakan fitur-fitur yang sudah familiar di aplikasi TikTok seperti Featured, New, Following, dan For You.

Facebook sendiri mengklaim bahwa aplikasi ini bakal menghasilkan rekaman yang berkualitas tinggi dan audio yang dihasilkan akan mirip dengan kualitas audio studio rekaman.Langkah ini merupakan percobaan kesekian kalinya Facebook untuk menyaingi TikTok setelah sebelumnya mereka pernah merilis aplikasi serupa. Sekitar beberapa tahun yang lalu, Facebook pernah berusaha menyaingi TikTok dengan meluncurkan dua buah aplikasi media sosial serupa bernama Collab dan Lasso.

baca juga: Tak Terima Aturan Baru dari WhatsApp, Ini yang Akan Terjadi Pada Akun Pengguna

Namun karena masih belum bisa menyaingi kesuksesan TikTok, Facebook memutuskan untuk berhenti mengembangkan kedua aplikasi tersebut. Aplikasi Lasso sendiri sudah ditutup sejak tahun 2020 lalu sedangkan untuk Collab, sampai saat ini masih belum menemui titik terang apakah akan pengembangannya akan dilanjutkan atau tidak. Facebook masih belum dapat memberikan tanggal pasti kapan aplikasi BARS ini akan dirilis secara global. Namun yang pasti, saat ini aplikasi ini tengah menjalani tahap ujicoba terbatas untuk semua pengguna iOS di negara Amerika Serikat

Editor: Ramadhani