Spotify Hapus Lagu Korea, Fans K-Pop Serukan Berhenti Berlangganan

KLIKPOSITIF - Spotify dikabarkan telah menghapus sebagian besar lagu Korea di platform musiknya. Hal ini memancing reaksi dari berbagai macam penggemar genre tersebut diseluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Sementara itu, pemberlakuan kebijakan baru ini akan berlaku untuk semua layanan Spotify di berbagai macam sistem operasi (OS) seperti iOS, Android maupun Spotify for PC.

baca juga: Baca Alquran Pakai HP, Bagaimana Hukumnya?

Kepopuleran Spotify sendiri juga tidak lepas dari adanya beragam musik di platformnya, termasuk genre K-Pop. Dengan adanya kebijakan penghapusan lagu ini, banyak penggemar genre K-Pop yang menyerukan untuk segera berganti aplikasi .

Mereka menyerukan kepada orang-orang untuk menggunakan layanan streaming musik lain seperti Apple Music, YouTube Music, Joox, dan lain sebagainya. Munculnya seruan ini merupakan puncak dari masalah yang dialami Spotify setelah sebelumnya mereka dikabarkan bermasalah dengan layanan streaming musik asal Korea Selatan, Kakao M.

Awalnya, Spotify berkeinginan untuk memperbarui perjanjian kerjasama dengan perusahaan label musik asal Korea Selatan, Kakao M. Melalui perjanjian kerjasama terbaru, Spotify akan kembali memiliki sebagian penuh lisensi lagu Korea yang dimiliki Kakao M.

baca juga: Facebook Beri Update, Kini Ada Fitur Schedule di Instagram Stories

Kakao M adalah perusahaan label terbesar di Korea Selatan yang memiliki banyak lisensi lagu dan musik K-Pop. Kabar terakhir menyebutkan bahwa kedua belah pihak tidak kunjung menyetujui kontrak perjanjian terbaru.

Akhirnya, Spotify terpaksa menghapus sebagain besar lagu-lagu Korea yang ada di platform mereka karena terkendala lisensi. Terkait kemunculan kembali lagu-lagu Korea di Spotify , nampaknya hal ini harus menunggu keputusan bersama yang masih belum dapat dipastikan kapan akan terjadi.

baca juga: Tak Terima Aturan Baru dari WhatsApp, Ini yang Akan Terjadi Pada Akun Pengguna

Editor: Ramadhani