Meski Ditekan Pandemi, Apple Masih Kuasai Pasar Smart Watch

Apple Watch
Apple Watch (net)

KLIKPOSITIF - Meski tengah berada dalam tekanan pandemi, Apple masih menjadi penguasa pasar jam tangan pintar atau smartwatch. Apple ditetapkan sebagai produsen Smartwatch terbaik setelah penjualan Apple Watch merupakan yang paling banyak sepanjang kuartal keempat tahun 2020.

Apple Watch Series 6 dan SE sendiri menjadi kedua varian Apple Watch yang paling laku dibeli sepanjang kuartal keempat tahun lalu. Hal ini diumumkan langsung oleh situs berita Counterpoint setelah mereka melakukan riset yang mendalam.

baca juga: IHSG Bergerak Menguat di Akhir Pekan Kedua Ramadan

Bagi Apple , hal ini menjadi prestasi tersendiri di tengah pandemi Covid-19 yang melumpuhkan sebagian besar ekonomi dunia sepanjang tahun 2020 hingga saat ini. Namun, ini bukan kali pertama Apple Watch menjadi perangkat jam tangan pintar yang paling banyak terjual.

Di kuartal keempat tahun 2019, Apple juga berhasil menduduki peringkat pertama dalam hal penjualan Smartwatch dengan presentase penjualan sebesar 34 persen. Sementara itu, di tengah krisis yang melanda masyarakat dunia akibat adanya pandemi Covid-19, presentase penjualan Apple Watch justru mengalami kenaikan yang cukup siginifikan tahun lalu.

baca juga: Mengenal MetaTrader 4 Di Malaysia Pada Tahun 2021

Penjualan Apple watch sepanjang kuartal keempat tahun 2020 alami kenaikan presentase sebesar 7 persen, sehingga nilai penjualannya kini ada di angka 40 persen. Bahkan, jumlah penjualan Apple Watch telah menyentuh angka 12.9 juta unit di seluruh dunia.

Jumlah penjualan Apple Watch ini merupakan yang terbanyak diantara produsen Smartwach lainnya. Berdasarkan presentase dan total penjualan tersebut, Counterpoint menobatkan Apple Watch sebagai smartwatch terlaris sepanjang kuartal keempat tahun 2020.

baca juga: Nonaktifkan 21.156 Juta Data Ganda Penerima Bantuan, Kemensos Buka Data Baru

Sebagai informasi tambahan, kuartal keempat tahun 2020 terjadi antara tanggal 1 Oktober hingga 31 Desember (92 hari).

Editor: Ramadhani