Riset Terbaru di AS, Apple Watch Bisa Deteksi Gagal Jantung

Apple Watch
Apple Watch (net)

KLIKPOSITIF - Apple Watch dapat mencegah dan mendeteksi penyakit gagal jantung. Fakta ini merupakan hasil riset yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Universitas Stanford, Amerika Serikat.

Sementara itu, riset Universitas Stanford terkait kemampuan dari Apple Watch dalam mendeteksi penyakit gagal jantung sendiri bukan merupakan yang pertama kalinya. Sebelumnya, peneliti dari universitas kesehatan asal Kanada yang bernama University Health Network (UHN) telah menyelenggarakan riset serupa.

Mereka memanfaatkan fitur-fitur kesehatan yang ada di Apple Watch seperti sensor detak jantung dan aplikasi oksigen darah. Hasilnya adalah perangkat tersebut dapat mendeteksi ritme detak jantung yang tidak normal dan tidak beraturan yang sering terjadi kepada pasien-pasien tersebut.

baca juga: Hari ini 15 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Bupati: Jangan Sombong Hadapi Corona

Serupa dengan riset dari UHN, hasil riset dari Universitas Stanford ini juga menyatakan bahwa Apple Watch dapat mendeteksi penyakit gagal jantung. Menurut hasil riset dari Universitas asal California ini, smartwatch besutan Apple tersebut dapat mendeteksi penyakit jantung dengan sensitivitas mencapai 80-90 persen.

Tidak hanya itu, riset ini juga menyatakan tingkat spesifisitas Apple Watch dalam mendeteksi penyakit gagal jantung mencapai 60-85 persen. Persentase angka tersebut diraih dari rangkaian tes, yang salah satunya mengharuskan subjek tes berjalan selama 6 menit dengan Apple Watch berada di tangan.

Ketika subjek melakukan tes bejalan selama 6 menit tersebut, sensor dari Apple Watch akan mendeteksi adanya perubahan detak jantung yang dialami oleh subjek tes. Melalui perubahan tersebut, peneliti dari Universitas Stanford dapat menyimpulkan apakah subjek tes memiliki potensi terkena penyakit gagal jantung atau tidak.

baca juga: Twitter Segera Luncurkan Fitur untuk Batasi Kata-Kata Kasar

Sementara itu, tes ini sendiri memanfaatkan fitur yang ada di Apple Watch Series 3 dan melibatkan kurang lebih 110 subjek tes.

Editor: Ramadhani