Ratusan Ribu Unit Motor Royal Enfield Kena Recall Akibat Masalah Pada Koil

Royal Enfield
Royal Enfield (net)

KLIKPOSITIF - Royal Enfield mengumumkan akan melakukan recall atau program penarikan kembali terhadap 236.966 unit sepeda motor produksinya. Recall harus dilakukan karena masalah permasalahan teknis pada bagian koil pengapian.

"Penarikan kembali akan berlaku untuk sepeda motor model Meteor, Klasik dan Bullet yang dijual di India, Thailand, Indonesia, Filipina, Australia, Selandia Baru dan Malaysia," jelas Royal Enfield dalam sebuah pernyataan tertulis, seperti dikutip dari Ndtv.

baca juga: Bakal Beralih ke Produksi Mobil Listrik, Renault Rumahkan Dua Ribu Pekerja

Lebih lanjut dalam pernyataan itu dijelaskan bahwa cacat ditemukan saat berlangsung pengujian internal rutin. Tepatnya kasus terjadi antara Desember 2020 dan April 2021. Masalah ini diketahui terjadi pada bagian material tertentu yang bersumber dari pemasok eksternal.

Secara detail disebutkan bahwa komponen ignition coil dapat menyulut pembakaran yang salah sehingga performa motor menurun. Potensi lainnya adalah terjadi korsleting.

"Masalah itu jarang terjadi dan tidak mempengaruhi semua sepeda motor yang diproduksi selama periode itu," jelas juru bicara perusahaan asal Britania Raya yang kini dimiliki India ini.

baca juga: Ekspor Industri Pengolahan Tembus USD 111 Miliar

Royal Enfield juga memperkirakan kurang dari 10 persen sepeda motor yang ditarik perlu dilakukan penggantian terhadap komponen rusak.

Editor: Ramadhani